Siak

Senja di Hutan Mangrove Kampung Kayuara Permai Siak Riau

Meski tidak terlalu berombak seperti pantai barat, pesisiran timur justru memikat mata dengan lebatnya hutan mangrove di bibir pantainya.

Senja di Hutan Mangrove Kampung Kayuara Permai Siak Riau
Istimewa
Salah satu spot untuk berfoto dibangun pemuda kampung Kayuara Permai di kawasan wisata edukasi hutan Mangrove seluas 25 Ha. 

Senja di Hutan Mangrove Kampung Kayuara Permai Siak Riau

KAWASAN pantai Timur Sumatra tidak kalah menarik dibanding pantai Barat Sumatra.

Meski tidak terlalu berombak seperti pantai barat, pesisiran timur justru memikat mata dengan lebatnya hutan mangrove di bibir pantainya.

Satu di antaranya adalah kawasan sungai bersejarah, Kampung Kayuara Permai, kecamatan Sungai Apit, kabupaten Siak, Riau.

Hamparan hutan mangrove di bibir Selat Lalang itu tampak lebat sejauh mata memandang. Kawasan ini sangat cocok untuk bersantai sambil menunggu senja tiba.

Tidak sekadar alami dan memesona, warga setempat juga sudah menyadari jika kawasan itu perlu dieksplore.

Baca: HP Oppo Terbaru: Cek Spesifikasi & Daftar Harga Oppo A7, Oppo R17, Oppo F9, Oppo F11 Pro Disini

Belum 2 tahun dibenahi secara swadaya, kini kawasan itu sudah menjadi magnet baru bagi wisatawan lokal.

"Kita mengelola ini bukan hanya untuk wisata pemandagan. Lebatnya hamparan hutan mangrove di kawasan ini menginspirasi kami untuk mengemasnya menjadi wisata edukasi juga," kata Ketua Kelompok Konservasi Laskar Mandiri, pengelola kawasan tersebut, Sebarion, Sabtu (27/4/2019).

Cahaya matahari senja tampak menembus celah -celah lebatnya hutan mangrove di bibir pantai kampung Kayuara Permai itu. Sebarion juga tampak sibuk memperlihatkan jembatan kayu yang membentang di dalam hutan. Katanya, pihaknya bersusah payah membangun trek pejalan kaki itu sepanjang 30 meter pada 2017 lalu.

"Kini kita bisa bangun trek lebih panjang, dan photo zona di bibir pantai, dengan view laut luas selat Malaka. Karena ada bantuan dari dana desa juga," kata Sebarion.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved