Breaking News:

Jalan Lintas Siak-Pekanbaru Rusak Berat, Sering Ada Kecelakaan Terutama Malam Hari

Ada ratusan lubang dan bagian jalan yang tidak lagi rata di ruas jalan Siak-Pekanbaru. Namun jalan ini belum juga diperbaiki.

tribun pekanbaru
Jalan lintas Siak-Pekanbaru di Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib, kondisinya terlihat rusak berat pada Selasa (30/4) kemarin. 

tribunpekanbaru.com - Jalan lintas Siak-Pekanbaru dan Siak-Perawang kondisinya semakin memprihatinkan. Ratusan lubang menganga pada ruas jalan utama penghubung ibukota provinsi menuju kabupaten Negeri Istana tersebut.

Kondisi paling parah terbentang dari Perawang menuju Maredan, kemudian dari Simpang Bakal Kecamatan Tualang menuju KM 11 Kecamatan Koto Gasib. Sepanjang ruas jalan itu, kendaraan sering antre untuk menghindari lubang. Baik kendaraan industri maupun kendaraan masyarakat. Apalagi tidak ada jalan khusus untuk mobil industri di jalur tersebut.

Truk pengangkut kayu dan sawit lewat silih berganti setiap hari, berpapasan dengan mobil pribadi dan pengendara motor. Kerap pula terjadi kecelakaan lalu-lintas di sana. Baik antara kendaraan maupun kecelakaan tunggal akibat mengelak lubang.

Kondisi parah juga ada di ruas sebelum jembatan Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib. Sepanjang lebih kurang 15 meter, aspal ambrol dan posisi jalan bergelombang cukup dalam. Aspal yang semula datar kini lenyap, mengakibatkan jalan menyemburkan debu.

"Sering kecelakaan di sini pada malam hari karena kurang lihainya sopir memilih jalan yang agak datar. Kecelakaan kerap menimpa pengendara yang baru melewati jalan ini," ujar Rahmad, warga setempat, Selasa (30/4).

Pantauan Tribun, banyak kendaraan yang berpapasan di jalan itu. Pengendara motor bahkan harus siap diselimuti kepulan debu.

Selain di Kuala Gasib, jalan sebelum jembatan Maredan juga rusak berat. Pada jalan ini, warga setempat bahkan sudah sering protes dengan menanam pisang di badan jalan. Sebab truk-truk besar sering terjebak lubang lumpur yang membuat arus lalu-lintas macet total.

Kapolres Siak, AKBP Ahmad David melalui Kasat Lantas AKP Chandra P mengatakan, lalu lintas Pekanbaru-Siak dan Perawang-Siak memang padat. Karena pengguna jalan tidak hanya pengendara umum, tapi juga truk perkebunan dan industri.

"Kondisi jalan memang sangat parah, kita sudah beberapa kali melihat kondisinya. Kita berharap PU memperbaiki jalan supaya arus lalu-lintas lebih aman dan lancar," kata dia.

Kondisi jalan buruk, menurut Chandra, memang mengganggu keamanan berkendara dan dapat menyebabkan kecelakaan. "Yang dapat kita lakukan hanya memberikan peringatan kepada pengendara agar berhati-hati saat melintas di ruas jalan tersebut," kata dia.

Kepala Dinas PU Siak, Irving Kahar melalui Kepala Bidang Bina Marga, Ari Nuvrijal mengatakan, sudah ada rencana perbaikan jalan itu dari pihak provinsi. Sebab status jalan merupakan jalan provinsi. "Saya dapat informasi sudah dilelang di provinsi. Mudah-mudahan prosesnya lancar dan segera diperbaiki, karena itu kewenangan provinsi," kata dia. (myo)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved