Breaking News:

Pelalawan

Dugaan Tindak Pidana Pemilu PPK P Kuras, Besok Gakkumdu Pelalawan Mulai Periksa Pelapor & Saksi

Syarat formil dan materil laporan para pelapor memenuhi. Jadwal pemanggilan dan pemeriksaan sudah kita tentukan bersama Gakkumdu

Penulis: johanes | Editor: CandraDani
Tribunpekanbaru.com/Johannes
Komisioner Bawaslu Pelalawan Nanang Wartono dan Bustami saat memberikan keterangan pers di kantornya, Selasa (30/4/2019) 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau mulai menangani dugaan tindak pidana pemilu oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pangkalan Kuras. Gakkumdu telah melakukan pembahan tahap pertama atas laporan-laporan yang masuk.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Pelalawan, Nanang Wartono Wardoyo SH MH kepada tribunpelalawan.com menyatakan pembahan awal telah dilakukan pada Selasa (30/4/2019).

Pertemuan pertama Sentra Gakhumdu atau disebut SG1 telah digelar di kantor Bawaslu yang dihadiri unsur dari Polres Pelalawan dan Kejaksanan Negeri (Kejari) Pelalawan.

Dari pertemuan awal Gakkumdu, kuat dugaan adanya tindak pidana pemilu dalam kasus ini.

Baca: Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara & Denda, Dugaan Tindak Pidana Pemilu oleh PPK Pangkalan Kuras Riau

Baca: Setelah Golkar, Gerindra, dan PDIP, Kini Giliran Caleg PAN Laporkan PPK Pangkalan Kuras ke Bawaslu

"Yang pasti syarat formil dan materil laporan para pelapor memenuhi. Jadwal pemanggilan dan pemeriksaan sudah kita tentukan bersama Gakkumdu," ungkap Nanang Wartono, Rabi (1/5/2019).

Dijelaskannya, pihaknya mengagendakan pemanggilan pada Kamis (2/5/2019) besok sekaligus pemeriksaan.

Terlebih dahulu Gakkumdu akan memeriksa para pelapor dari empat pengaduan yang masuk, termasuk bukti-bukti yang dilampirkan.

Selanjutnya tahap pemeriksaan ditingkatkan kepada saksi-saksi yang ada, seperti saksi TPS, pengawas, maupun petugas penyelanggaran pemilu di Pangkalan Kuras.

Setelah itu, tambah Nanang, barulah dilakukan pemanggilan terhadap semua terlapor dalam hal ini yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pangkalan Kuras, mulai dari ketu bernama Sugeng serta anggota PPK lainnya.

Berdasarkan alur pemeriksaan ini akan diketahui bagaimana duduk permasalahan sebenarnya.

Baca: Klarifikasi Laporan Caleg, Bawaslu Pelalawan Riau Jadwalkan Pemanggilan PPK Pangkalan Kuras

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved