Bengkalis

Lebih Hemat Anggaran, Kemenag Pastikan CJH Bengkalis ke Tanah Suci Lewat Embarkasi Antara Pekanbaru

dengan dialihkan keberangkatan CJH yang sebelumnya dari Bengkalis ke Batam, kali ini dari Bengkalis ke Pekanbaru sebenarnya lebih menghemat anggaran

Lebih Hemat Anggaran, Kemenag Pastikan CJH Bengkalis ke Tanah Suci Lewat Embarkasi Antara Pekanbaru
Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Bupati Bengkalis hadiri acara pelepasan CJH Bengkalis yang akan berangkat pada Kloter 4 di kecamatan Mandau, Minggu (15/7/2018). 

TRIBUN BENGKALIS.COM, BENGKALIS - Setelah dikeluarkannya SK Embarkasi Antara Haji di Pekanbaru beberapa waktu lalu, Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Bengkalis memastikan keberangkatan calon Jamaah Haji (CJH) Bengkalis akan di berangkatkan ke tanah suci nantinya melalui Pekanbaru.

Karena sesuai salah satu syarat terbitnya SK ini seluruh kabupaten di Riau harus berangkat melalui Embarkasi Antara ini.

Hal ini diungkap Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Bengkalis Jumari kepada tribun, Rabu (1/5) siang.

Menurut dia untuk Bengkalis akan berangkat dari Bengkalis menggunakan bus di bagi dua rayon ke Pekanbaru.

Rayon Duri akan diberangkatkan CJH Bengkalis berasal dari kecamatan Mandau, Pinggir Tualang Mandau dannm Bathin Solapan.

Baca: Diduga Janjikan Magic Com Saat Kampanye, Caleg PKB di Meranti Disidang di PN Bengkalis

Baca: Partisipasi Pemilih Menurun, Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan di Bengkalis Berlangsung Lancar

Sementara Rayon Bengkalis akan diberangkatkan CJH asal kecamatan Bengkalis, Bantan, Siak Kecil, Bandar Laksamana. Termasuk juga jamaah asal dari Pulau Rupat.

"Kita akan berangkat secara serentak, saat ini kita sudah melakukan rapat keberangkatan CJH," pungkasnya.

Menurut Jumari, dengan dialihkan keberangkatan CJH yang sebelumnya dari Bengkalis ke Batam, kali ini dari Bengkalis ke Pekanbaru sebenarnya lebih menghemat anggaran keberangkatan.

"Dari sisi penganggaran akan sedikit mudah, karena pemberangkatan Embarkasi Antara Embarkasi Batam itu dibiayai pemerintah provinsi. Sementara pemerintah Bengkalis hanya menanggung trasnportasi dari Bengkalis Pekanbaru, tentu biaya lebih murah," pungkasnya.

Selain itu, dengan dioperasikannya Embarkasi Antara Pekanbaru juga syarat untuk menjadi Embarkasi penuh.

Baca: Bawaslu Bengkalis Khawatir Rekapitulasi di PPK Tak Selesai Sampai Batas Akhir Pelaksanaan Pleno

Baca: Hari Bhakti Kemasyarakatan, Lapas Kelas II A Bengkalis Terima Sejumlah Penghargaan dari Kemenkum HAM

"Untuk itu terkait suka dukanya dengan peralihan Embarkasi keberangkatan haji harus kita lalui bersama. Sehingga nantinya Pekanbaru bisa menjadi Embarkasi penuh," terangnya.

Untuk CJH Bengkalis yang akan berangkat sendiri pada tahun ini hingga pelunasan biaya tahap awal ada 414 CJH yang akan berangkat.

"Jumlah ini diluar cadangan, tapi pastinya belum tau pasti. Karena nanti pastinya di ketahui setelah pelunasan biaya di tahap II nanti," tutupnya. (Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved