KPU Inhil Kirimkan Hasil Pleno Tingkat Kabupaten Inhil ke KPU Riau

KPU Inhil mengirimkan hasil rapat pleno rekapitulasi pemilu 2019 kepada KPU Riau. Selanjutnya, KPU Inhil menunggu jadwal pleno tingkat provinsi Riau.

KPU Inhil Kirimkan Hasil Pleno Tingkat Kabupaten Inhil ke KPU Riau
tribun pekanbaru
Ketua Bawaslu Inhil, M Dong, didampingi Komisioner KPU Inhil, Nahrawi, saat akan mengirim kotak hasil pleno rekapitulasi pemilu 2019 dari Kantor KPU Inhil menuju Kantor KPU Riau di Pekanbaru, dengan kawalan petugas Polres Inhil, Minggu (5/5) 

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengirim hasil rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu dan Pilpres 2019 tingkat kabupaten Inhil, kepada KPU Provinsi Riau pada Minggu (5/5).

Hasil rekapitulasi itu dimasukkan dalam kotak suara dan diberangkatkan menggunakan mobil Honda BRV warna oranye nomor polisi BM 1211 GD, dari Kantor KPU Inhil sekira pukul 08.30 WIB. Pemberangkatan hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten Inhil ini menuju Pekanbaru, juga dikawal personil Polres Inhil bersama Komisioner KPU Inhil dan Bawaslu Inhil.

“Iya, sudah dibawa oleh Pak Sek (Sekretaris KPU) didampingi Pak Dong (Ketua Bawaslu Inhil). Saya juga ikut, cuma kami terpisah (beda mobil). Ada pengawalan dari polisi juga,” ujar Ketua KPU Inhil, Herdian Azmi.

Setelah mengirimkan hasil rapat pleno rekapitulasi ini, menurut Herdian, selanjutnya KPU Inhil tinggal menunggu jadwal pelaksanaan rekapitulasi tingkat provinsi yang akan dilaksanakan KPU Provinsi Riau.

“Iya, tinggal menunggu rekap tingkat provinsi. Fix, sudah tidak ada kendala lagi. Kita sedang menunggu kapan jadwal provinsi melaksanakan plenonya,” terang Herdian.

Lebih lanjut dijelaskan, penetapan resmi terhadap hasil pemilu 2019 baru akan dilaksanakan sekitar Juli sampai Agustus, setelah gelaran rekapitulasi tingkat nasional oleh KPU Pusat selesai, dan disusul tahapan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Setelah rekap nasional tanggal 22 Mei nanti selesai, itu baru masuk tahapan tanggapan di MK. Pengajuan gugatan tiga hari setelah rekap nasional selesai. Setelah itu caleg terpilih baru resmi ditetapkan oleh KPU Inhil,” terang Herdian.

Untuk diketahui, KPU Inhil telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Inhil, yang digelar di Gedung Engku Kelana Tembilahan, Jumat (3/5) lalu. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved