Bengkalis

Sepekan Jelang Ramadhan 1440H, Harga Bahan Pokok Mulai Alami Kenaikan di Pasar Bengkalis

Sebelumnya harga telur ayam sekitar 36 sampai 37 ribu rupiah per papannya. Terakhir Sabtu kemarin sudah naik sekitar 40 sampai 41 ribu rupiah perpapan

Sepekan Jelang Ramadhan 1440H, Harga Bahan Pokok Mulai Alami Kenaikan di Pasar Bengkalis
Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir
Pedagang Pasar Terubuk Bengkalis, Minggu (5/5/2019) 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Menjelang bulan Ramadhan sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan di Pasar Bengkalis. Kondisi ini keluhkan ibu ibu rumah tangga yang berbelanja sepekan terakhir merasakan kenaikan harga barang.

Seperti ungkap Wati warga Kelapapati Darat kecamatan Bengkalis kepada jurnalis, Minggu (5/5) siang. Menurut dia sejumlah barang kebutuhan pokok yang mulai mengalami kenaikan diantaranya cabe merah bawang merah dan daging ayam.

"Sudah sepekan inilah kenaikan, memang sudah biasa menjelang Ramadhan barang pokok pasti mengalami kenaikan," terang Wati.

Selain Wati kenaikan harga barang pokok ini juga di keluhkan Siti Maryam warga Gang Anggrek Kelurahan Kota Bengkalis. Pasalnya beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan termasuk telur ayam.

Baca: Pemilu Bejalan Lancar & Aman, Tokoh Masyarakat Bengkalis : Percayakan Penghitungan Suara kepada KPU

Baca: Pelaksanaan Pemilu 2019 Kecamatan Bengkalis yang Aman dan Kondusif Diapresiasi oleh Tokoh Agama

"Memang sudah biasa naik menjelang Ramadhan, kalau kondisi seperti ini yang kita keluhkan kenaikan telur ayam. Dimana kitakan menjual kue, jadi dengan harga naik sementara harga jual kue tetap, membuat penghasilan kita berkurang," jelas Siti.

Menurut dia, sebelumnya harga telur ayam sekitar 36 sampai 37 ribu rupiah per papannya. Terakhir Sabtu kemarin sudah naik sekitar 40 sampai 41 ribu rupiah per papan.

"Mau dinaikkan harga jual nanti harga telur bakal turun juga dan normal. Kalau ini pengaruh dengan penghasilan kita tentu lebih sedikit dari biasanya, sedangkan keperluan menjelang Ramadhan meningkat," tambahnya.

Sementar itu M Jefri Kepala Bidang Pengembangan dan Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Bengkalis membenarkan adanya kenaikan sejumlah barang kebutuhan pokok ini. Menurut dia kenaikan disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi.

"Diantaranya permintaan masyarakat untuk kebutuhan pokok meningkat jelang Ramadhan ini. Sehingga harga jual mengalami kenaikan," terang Jefri.

Baca: SIARAN LANGSUNG Sidang Isbat Penetapan Awal 1 Ramadhan 1440 H Minggu 5 April 2019 (Video)

Baca: Jadwal Ceramah Ramadhan Ustaz Abdul Somad di TVOne, dan Ceramah Ustaz Adi Hidayat di Trans TV

Lebih lanjut, kondisi kenaikan seperti ini terjadi setiap tahun, menjelang Ramadhan dan menjelang lebaran nanti. Atas kenaikan ini pihaknya terus melakukan pemantauan harga dan masih dalam batas normal.

"Yang mengalami kenaikan diantaranya cabe hijau sebelumnya 25 ribu rupiah perkilogramnya. Saat ini sudah naik menjadi 30 ribu rupiah. Sementara cabe rawit dari harga 30 ribu sekarang 35 ribu rupiah.

Kenaikan harga barang ini dari pantauan Disdagperin masih dalam ambang batas normal. Namun pihaknya akan terus melakukan pemantauan kenaikan ini.

"Kita harap tidak berlangsung lama, kalau terus menurus nanti bisa menurunkan daya beli masyarakat. Yang jelas kita terus pantau dan akan kita kontrol harga barang ini," tandasnya.(Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved