Pemilu 2019

Selasa Ini Pemberian Santunan kepada Keluarga Penyelenggara Pemilu 2019 yang Mendapat Musibah

Bagi keluarga yang meninggal mendapatkan Rp36 juta, untuk petugas KPPS cacat permanen Rp 30,8 juta.Luka berat Rp 16,5 juta & luka ringan Rp 8,25 juta

Selasa Ini Pemberian Santunan kepada Keluarga Penyelenggara Pemilu 2019 yang Mendapat Musibah
.
KPU Riau jenguk KPPS yang sakit pasca pemilu 2019 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto mengatakan penyaluran santunan untuk keluarga penyelenggara yang terkena musibah pada saat pemilu tahun ini direncanakan Selasa (5/5).

"Rencananya mulai Selasa dilakukan penyerahan secara simbolis, "ujar Nugroho Noto Susanto kepada Tribunpekanbaru.com Minggu (5/5).

Pada saat bersamaan juga dilakukan penyerahan bantuan santunan dari Gubernur Riau kepada keluarga yang terkena musibah tersebut.

" Ada juga santunan dari pak Gubernur untuk keluarga yang terkena musibah, "ujar Nugroho Noto Susanto.

Baca: VIDEO: Kelelahan Bertugas Ketua KPPS di Pekanbaru ini Meninggal Usai Dirawat Seminggu

Baca: Ketua KPPS 028 Berpulang, Petugas Pemilu Meninggal Dunia di Riau Bertambah

Sebagaimana diketahui untuk angkanya sendiri sudah ditetapkan yakni bagi keluarga yang meninggal mendapatkan Rp36 juta, untuk petugas KPPS cacat permanen Rp 30,8 juta.

Sedangkan bagi petugas KPPS yang mengalami luka berat Rp 16,5 juta dan luka ringan Rp 8,25 juta.

Komisioner KPU Riau Divisi SDM dan Sosialisasi Nugroho Noto Susanto mengatakan anggaran sendiri berasal dari pusat yang akan ditransfer langsung ke rekening keluarga.

"Anggarannya dari pusat langsung ditransfer ke rekening yang bersangkutan, tidak ada melalui penyaluran daerah, "ujar Nugroho Noto Susanto.

Namun berbeda dengan pengawas menurut Komisioner Bawaslu Riau Divisi SDM Hasan mengatakan untuk penyaluran dana sendiri nantinya akan dibebankan pada masing-masing Bawaslu di daerah.

Baca: Ketua KPPS 27 Kelurahan Ujung Batu Rohul Riau Meninggal‎, Sempat Tak Sadarkan Diri

Baca: Di Riau Ada 5 Orang, Jumlah Anggota KPPS yang Meninggal Bertambah Jadi 144, Sakit 883-Ini Daftarnya

" Makanya ada pengalihan penggunaan anggaran nantinya, misalnya untuk anggaran tertentu dialihkan ke santunan, karena amanatnya seperti itu, tidak ada anggaran baru yang ditambahkan, kita pakaian anggaran yang sudah ada, "ujar Hasan.

Namun demikian lanjut Hasan, pihaknya tetap menunggu juknis dari Bawaslu RI terkait pengalihan anggaran ini. Ia memastikan untuk ketersediaan anggaran masih cukup, karena Bawadlu sendiri tidak banyak yang mengalami kemalangan.

" Cuma ada tiga orang yang meninggal, kalau anggaran cukup tersedia, "ujar Hasan. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved