Lantai Surau Al Ikhlas di Teluk Pinang, Inhil, Amblas Saat Jamaah Sedang Sujud

Amblasnya lantai surau Al Ikhlas di Kelurahan Teluk Pinang, Gaung Anak Serka (GAS) Inhil, terjadi Senin (6/5) malam lalu saat shalat tarawih.

Lantai Surau Al Ikhlas di Teluk Pinang, Inhil, Amblas Saat Jamaah Sedang Sujud
Tribun Pekanbaru
Lantai Surau Al-Ikhkas di Desa Teluk Pinang, Kecamatan GAS, Inhil, ambruk pada malam kedua Ramadan, Senin (6/5) malam lalu, saat jamaah sedang melakukan ibadah shalat tarawih. 

tribunpekanbaru.com - Awal Ramadan, masyarakat Desa Teluk Pinang dikagetkan dengan ambruknya Surau Al Ikhlas di Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), pada Senin (6/9) malam lalu.

Jamaah surau yang sedang melaksanakan shalat sunat tarawih dan witir pada malam kedua bulan Ramadan tersebut sontak panik dan menyelamatkan diri, khususnya jamaah yang berdiri di atas lantai yang ambruk.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun surau yang terletak di Jalan Masnur, Parit 8, Kelurahan Teluk Pinang ini, mengalami kerusakan hampir mencapai separuh bagian dalam surau, mulai dari shaf laki-laki hingga shaf perempuan di bagian belakang.

Menurut Syafrians, seorang warga setempat, lantai yang melengkung tersebut jatuh ke bawah (ambruk) di saat jamaah sedang sujud terakhir pada rakaat kedua shalat witir.

“Sebelum kejadian itu, lantai bagian dalam surau memang sudah terlihat melengkung dikarenakan kondisi bangunan yang memang sudah cukup lama,” ungkap pria yang bertempat tinggal tidak jauh dari Surau Al Ikhlas ini kepada Tribun melalui pesan singkat, Selasa (7/5).

Meskipun kondisi surau kian memprihatinkan, Syafrians menuturkan, jamaah tetap melaksanakan ibadah di surau tersebut dengan kondisi apa adanya.

“Iya, yang namanya ibadah tetap dilanjutkan, meski fasilitasnya tidak memungkinkan. Jamaahnya sebagian shalat di luar (teras),” terangnya.

Jamaah berharap kerusakan Surau Al Ikhlas dapat segera diperbaiki, sehingga mereka bisa kembali melaksanakan ibadah shalat dengan baik. "Mudah-mudahan ada bantuan dari pemerintah dan masyarakat, supaya kerusakan surau kami ini bisa cepat diatasi dan tidak membahayakan jamaah,” harapnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved