Pemilu 2019

KPU Diberi Deadline Sabtu Mendata Penerima Santunan Keluarga Petugas Pemilu yang Meninggal & Sakit

pihaknya juga melakukan pendataan hingga penyebab kematian apalah masih berkaitan dengan tugas pelaksanaan pemilu, atau dalam menjalankan tugas.

KPU Diberi Deadline Sabtu Mendata Penerima Santunan Keluarga Petugas Pemilu yang Meninggal & Sakit
.
KPU Riau jenguk KPPS yang sakit pasca pemilu 2019 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau Ilham Muhammad Yasir mengatakan pihaknya diberi waktu hingga Sabtu (11/5) untuk menuntaskan pendataan keluarga penyelenggara pemilu yang kena musibah dalam pemilu 2019.

"Kami diminta selesaikan pendataan hingga Sabtu, sekarang masih proses pendataan di lapangan, "ujar Ilham Yasir kepada Tribunpekanbaru.com Kamis.

Menurut Ilham memang tidak mudah mendata dan menyesuaikan dengan spesifikasi penerima, karena ada beberapa kategori penerima.

" Ada yang penerima untuk keluarga meninggal, ada yang cacat permanen dan ada yang luka ringan, harus jelas pendataan kami, "ujar Ilham.

Baca: 13 Orang Meninggal dan 104 Sakit, Petugas Pemilu di Riau Belum Dapat Santunan KPU

Baca: Gubri Serahkan Santunan untuk Keluarga Petugas Pemilu yang Meninggal

Tidak hanya sampai disitu pihaknya juga melakukan pendataan hingga penyebab kematian apalah masih berkaitan dengan tugas pelaksanaan pemilu, atau dalam menjalankan tugas.

" Karena yang diberi santunan adalah petugas yang meninggal atau yang sakit saat menjalankan tugas pesta demokrasi ini, "ujar Ilham.

Maka pihaknya di KPU Riau dan KPU Kabupaten dan Kota menargetkan pendataan ini segera tuntas sehingga bisa disalurkan santunan untuk Keluarga petugas yang dilanda musibah.

"Yang untuk santunan dari pak Gubernur saja kami kesulitan melakukan pendataan, baru tujuh orang yang bisa didata, "ujar Ilham.

Sebagaimana diketahui untuk angkanya sendiri sudah ditetapkan yakni bagi keluarga yang meninggal mendapatkan Rp36 juta, untuk petugas KPPS cacat permanen Rp 30,8 juta. Sedangkan bagi petugas KPPS yang mengalami luka berat Rp 16,5 juta dan luka ringan Rp 8,25 juta.

Baca: VIDEO: Pemprov Riau Berikan Santunan Kepada Keluarga Petugas Pemilu Yang Meninggal

Baca: Selasa Ini Pemberian Santunan kepada Keluarga Penyelenggara Pemilu 2019 yang Mendapat Musibah

"Anggarannya dari pusat langsung ditransfer ke rekening yang bersangkutan, tidak ada melalui penyaluran daerah, "ujar Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved