Pemilu 2019

Sejumlah Petugas Penyelenggara dan Pengawas Pemilu 2019 di Riau Belum Terima Santunan

Ilham menjelaskan terkait dana Santunan tersebut akan dikirim langsung oleh KPU RI ke rekening masing-masing petugas penyelenggara.

Sejumlah Petugas Penyelenggara dan Pengawas Pemilu 2019 di Riau Belum Terima Santunan
.
KPU Riau jenguk KPPS yang sakit pasca pemilu 2019 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Hingga saat ini sejumlah petugas penyelenggara Pemilu 2019 belum juga mendapat santunan dari KPU.

Padahal, Kemenkeu RI telah menyetujui adanya dana santunan untuk petugas penyelenggara Pemilu yang mengalami kemalangan pada saat menjalankan tugas.

"Soal dana santunan, KPU diminta hari ini terakhir melaporkan data-data petugas kami yang mendapatkan musibah. Sebenarnya tanggal 7 kemarin sudah kami siapkan datanya. Nah, soal pembayarannya, kami serahkan ke KPU RI," ujar Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir, Sabtu (11/5/2019).

Ilham menjelaskan terkait dana Santunan tersebut akan dikirim langsung oleh KPU RI ke rekening masing-masing petugas penyelenggara.

Baca: KPU Diberi Deadline Sabtu Mendata Penerima Santunan Keluarga Petugas Pemilu yang Meninggal & Sakit

Baca: 13 Orang Meninggal dan 104 Sakit, Petugas Pemilu di Riau Belum Dapat Santunan KPU

Namun Ilham tidak mengetahui pasti kapan dana santunan tersebut dikirim ke rekening petugas penyelenggara Pemilu yang mengalami kemalangan.

"Tapi kalau dari Provinsi Riau sudah cair beberapa waktu lalu," ujarnya.

Senada dengan KPU Riau, Bawaslu Riau juga belum menyalurkan dana santunan ke petugas pengawas yang meninggal dunia pada saat menjalankan tugas.

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Riau, Neil Antariksa mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan optimalisasi anggaran.

Optimalisasi anggaran tersebut dilakukan lantaran penganggaran dana santunan untuk petugas pengawas yang mengalami kemalangan dilakukan di Bawaslu Riau.

"Tidak seperti di KPU yang anggarannya dari KPU RI, kalau dana santunan untuk pengawas dilimpahkan ke Bawaslu provinsi, bukan pusat," ujarnya.

Kendati masih dalam masa optimalisasi anggaran, namun petugas pengawas Bawaslu yang meninggal dunia pada saat menjalankan tugas telah menerima santunan dari Pemprov Riau.

Baca: Sudah 117 Petugas Pemilu di Riau yang Sakit dan Meninggal, Santunan dari KPU Belum Disalurkan

Baca: Gubri Serahkan Santunan untuk Keluarga Petugas Pemilu yang Meninggal

Baca: VIDEO: Pemprov Riau Berikan Santunan Kepada Keluarga Petugas Pemilu Yang Meninggal

Neil juga menjelaskan, pihaknya tetap akan merealisasikan dana santunan ke para pengawas yang mengalami kemalangan setelah optimalisasi anggaran usai dilakukan.

"Kami pun masih menunggu petunjuk teknis dari pusat terkait realisasi dana santunan tersebut. Apakah nantinya semua pengawas yang sakit menerima santunan atau ada kategori tersendiri," ujar Neil. (TRIBUNPEKANBARU.COM/Guruh Budi Wibowo)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved