Sekolah Umumkan Kelulusan UN Sore atau Malam Hari, Siswa Tak Ada yang Konvoi

Pengumuman kelulusan Ujian Nasional SMA sederajat di Inhil dilakukan pada sore atau malam, sehingga siswa tak ada yang konvoi di jalan raya.

Sekolah Umumkan Kelulusan UN Sore atau Malam Hari, Siswa Tak Ada yang Konvoi
tribun pekanbaru
Siswa SMKN 1 Tembilahan, mendengarkan pengumuman kelulusan UN di lapangan upacara SMKN 1 Tembilahan, Senin (13/5) siang. 

tribunpekanbaru.com - Senin (13/5) kemarin merupakan hari Pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan SMK sederajat. Begitu pula bagi para siswa di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Tidak terlihat konvoi yang berarti dari siswa–siswi yang merayakan kelulusan di jalan-jalan, khususnya di Kota Tembilahan.

Pengumuman kelulusan yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan, sepertinya berpengaruh terhadap aktifitas konvoi kelulusan yang kerap dilakukan siswa pascapengumuman.

Selain itu, untuk menghindari terjadinya konvoi, sebagian besar sekolah memilih mengumumkan kelulusan siswa-siswinya pada sore hari menjelang berbuka, atau malam hari dengan berbagai metode pengumuman.

Kepala Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan Provinsi Riau di Kabupaten Inhil, Suhartoni melalui Pengawas SMK/SMA Provinsi Riau domisili Inhil, Martian, menuturkan, ini merupakan satu di antara cara agar siswa–siswi tidak kumpul–kumpul dan konvoi. Bahkan beberapa sekolah mengumumkan kelulusan secara online di situs sekolah.

“Kalau online dia kan bisa liat sendiri, jadi tidak kumpul–kumpul. Ada juga sekolah yang mengumumkan habis shalat tarawih. Sore hari juga menjadi pilihan agar tidak ada lagi konvoi–konvoi yang memang diimbau tidak dilakukan,” terang Martian.

Meskipun ada beberapa sekolah yang mengumumkan kelulusannya di siang hari, namun berdasarkan pantauan dan laporan yang diterima, tidak ada siswa yang berkonvoi merayakan kelulusan pada hari pengumuman ini.

“Alhamdulillah tidak ada, laporan ke kita juga tidak ada, aman–aman saja. Bulan Puasa ini mungkin juga berpengaruh,” tutur Martian.

Mengenai persentase kelulusan, Martian belum bisa menentukan di Kabupaten Inhil, karena belum ada laporan dari seluruh sekolah selaku pihak yang menentukan kelulusan.

“Kita belum dapat laporan kelulusan dari sekolah. Karena yang menentukan kelulusan adalah sekolah. Tapi dari informasi sementara, sepertinya lulus semua,” katanya menjelaskan.

Satu di antara sekolah yang mengumumkan kelulusan adalah SMKN 1 Tembilahan. Menurut Kepala Sekolah SMKN 1 Tembilahan, Hasmar, sekolahnya mengumumkan kelulusan pada pukul 14.00 WIB di halaman upacara sekolah.

“Alhamdulillah lulus 100 persen. Sengaja kita pilih (pengumuman) siang–siang, karena cuaca panas dan kondisi puasa, jadi siswa lebih memilih pulang dari pada konvoi–konvoi. Alhamdulillah kita tidak dapat informasi ada siswa yang konvoi,” ungkap Hasmar. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved