Target KONI Riau Pertahankan Juara Umum Porwil Meski Sedang Minim Anggaran

KONI Riau akan memaksimalkan anggaran yang ada, untuk mencapai target juara umum pada Porwil Sumatra yang akan digelar di Bengkulu.

Target KONI Riau Pertahankan Juara Umum Porwil Meski Sedang Minim Anggaran
antara
Muaythai salah satu cabor yang akan diikuti Riau di Porwil nanti. Cabor ini diharapkan menyumbang medali emas. 

tribunpekanbaru.com - Di tengah persiapan tim Porwil dengan anggaran yang minim, KONI Riau tetap mengusung semangat tinggi. Bahkan Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, menegaskan, meski dengan kondisi ini, pihaknya tetap mematok target mempertahankan juara umum, seperti yang diraih pada Porwil 2015 lalu di Bangka Belitung.

"Kita akan jalankan sesuai arahan Pak Gubernur, yaitu memaksimalkan anggaran yang ada. Itu sudah kita lakukan, mudah-mudahan tidak mengganggu persiapan, dan target kita juara umum di Porwil Bengkulu," tegas Emrizal Pakis, Senin (13/5) kepada Tribun.

Dijelaskan, dari 11 cabor yang dipertandingkan nanti di Porwil, beberapa cabor masih bisa diandalkan menjadi lumbung medali emas. Seperti halnya cabor renang, atletik, catur, dan lainnya. Termasuk tiga cabor baru di Porwil yakni muaythai, biliar, dan kempo.

"Secara detil, prestasi tiga cabor ini kita belum tahu. Tapi kita harapkan bisa menyumbang emas, sesuai dengan apa yang disampaikan pengurus dan pelatih kepada KONI beberapa waktu lalu," tuturnya.

KONI Riau sudah mendapatkan gambaran mengenai raihan medali, usai mengikuti rapat Porwil di Bengkulu belum lama ini. Dari hasil rapat tersebut, KONI sudah menghitung perolehan medali di Porwil nanti yakni menargetkan 46 atau 47 medali emas.

Untuk mencapai target tersebut, KONI juga sudah menentukan kuota atlet untuk masing-masing cabang olahraga. "Kita sudah minta data kepada masing-masing cabor, dari 200 persen nama atlet yang dimasukkan, kita minta agar diciutkan lagi hingga 100 persen," katanya.

Setelah itu, KONI juga akan memberi waktu kepada masing-masing cabor untuk melakukan pemusatan latihan daerah atau pelatda bagi atlet-atletnya yang akan diturunkan di Porwil nanti.

Riau sendiri sudah memastikan mengikuti 11 cabor di Porwil nanti, yakni atletik, renang, sepakbola, panjat tebing, catur, bulutangkis, kempo, biliar, tinju, muaythai, dan voli.

Sementara mengenai penambahan anggaran Rp9 miliar untuk persiapan atlet Riau ke Porwil seperti diusulkan KONI, sangat kecil kemungkinan akan terealisasi. Sebab Gubernur Riau Syamsuar sudah menyatakan bahwa pembahasan APBD Perubahan 2019 paling cepat dilakukan September atau Oktober.

Sementara anggaran untu persiapan sudah dibutuhkan sejak saat ini hingga pelaksanaan Porwil, yakni November 2019 mendatang. Anggaran yang tersedia sekarang adalah Rp20 miliar. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved