Bangun Posko di Pelabuhan, Dishub Inhil Mulai Bersiap Sambut Arus Mudik Lebaran

Dishub Inhil akan membentuk tim yang berisi personel dari lintas instansi, untuk melakukan pengamanan arus mudik Lebaran nanti.

Bangun Posko di Pelabuhan, Dishub Inhil Mulai Bersiap Sambut Arus Mudik Lebaran
tribun pekanbaru
Wakil Bupati Inhil, H Syamsuddin uti, memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka Ramadan dan menyambut hari raya Idul Fitri 1440 H, di aula Bappeda Inhil, Selasa (14/5). 

tribunpekanbaru.com - Berbagai persiapan menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 2019, telah dimulai oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Bersama instansi terkait lainnya, Dishub Inhil akan membentuk tim yang nantinya akan ditempatkan di posko–posko yang disebar di setiap pelabuhan dan titik jalan yang dilewati pemudik.

Sekretaris Dishub Inhil, Nahwawi, menuturkan, Posko disiapkan di pelabuhan KSOP Tembilahan, Pelindo Tembilahan, Pelabuhan Lasdap Tembilahan, Pelabuhan Enok Tembilahan, terminal Bandar Sri Gemilang, Jembatan Rumbai, serta di seluruh kecamatan yang akan dikoordinir Camat, Kapolsek, serta Danramil.

“Ada tim, kita sudah ajukan SK untuk tim yang akan ditandatangani oleh Bupati dan Wakil Bupati. Masing-masing tim ada dari kita, Polres, Satpol PP, dan lainnya,” ujar Nahwawi, usai mengikuti rapat persiapan Idul Fitri, dan rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran di aula Bappeda Inhil, Selasa (14/5).

Mengenai kesiapan moda transportasi, Nahwawi mengatakan, pihaknya sudah mengomunikasikannya kepada para pengusaha transportasi, agar menyiapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik itu transportasi laut atau darat.

Kondisi kelayakan transportasi dan sopir juga akan diperiksa sebelum melakukan perjalanan, agar tidak terjadi hal–hal yang tidak diinginkan selama masa mudik Lebaran.

“Itu jelas, saat mobil masuk terminal kita sampaikan di sana supaya yang diberangkatkan layak untuk diberangkatkan. Kondisi fasilitas pelabuhan dan lainnya juga nantinya akan ditinjau oleh tim. Terutama kepada sopir, juga akan di cek agar tidak ada yang tidak fit atau terpengaruh obat,” paparnya.

Nawawi menambahkan, nantinya masih akan ada lagi rapat bersama instansi terkait untuk membahas persiapan Lebaran ini.

“Jauh–jauh hari kita rapat, kalau perlu ada penambahan pos. Kondisi jalan tadi sudah dilaporkan dan sudah ada tanggapan dari Dinas PU untuk ditangani dalam waktu singkat. Titik rawan sudah kita petakan,” terangnya lagi. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved