Berita Riau

Dapat 295 CJH Tambahan, Kemenag Pastikan Tak Ada Rekayasa

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Riau memastikan tak akan ada rekayasa dalam menempatkan calon jamaah haji (CJH) tambahan dari Riau.

Dapat 295 CJH Tambahan, Kemenag Pastikan Tak Ada Rekayasa
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Para calon jemaah haji (CJH) asal Kota Pekanbaru menjalani pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksinasi meningitis pada hari pertama di Puskesmas Simpang Tiga Pekanbaru, Senin (8/4/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Riau memastikan tak akan ada rekayasa dalam menempatkan calon jamaah haji (CJH) tambahan dari Riau.

Dimana pada musim haji tahun ini, Provinsi Riau mendapatkan jatah 295 CJH tambahan.

Penambahan kuota CJH ini sesuai Keputusan Menteri Agama (KMA) tentang Pembagian Alokasi Tambahan Kuota Haji untuk tiap provinsi.

KMA ini sebagai tindak lanjut penambahan 10.000 kuota haji yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

Dalam KMA tersebut dijelaskan bahwa 10.000 kuota tambahan terbagi dalam 5.000 CJH berdasarkan nomor urut porsi, serta jemaah haji lansia beserta pendamping sebanyak 5.000 jemaah.

Provinsi Riau mendapat jatah 295 CJH.

"Alokasi tambahan kita peruntukan bagi CJH cadangan. Jumlahnya sekitar 252 orang. Sisanya 43 lagi akan kita rilis porsinya untuk untuk CJH yang daftar antreannya ada di bawah calon jamaah haji cadangan. Semua menggunakan sistem jadi otomatis akan berurut untuk pengisian. Jadi tidak akan bisa direkayasa," kata Kabid Haji Kakanwil Menag Riau, H. Erizon, Kamis (16/5/2019).

Pihaknya sejauh ini sudah melakukan sosialiasi ke seluruh kabupaten/kota agar para CJH yang masuk dalam daftar cadangan segera mempersiapkan dirinya.

Termasuk mempersiapkan dokumen dan uang pelunasan untuk biaya haji di tahun ini.

"Kita sudah lakukan sosialisasi ke kabupaten/kota, agar para calon jamaah haji yang masuk dalam daftar cadangan. Di antaranya untuk melunasi tahap ke II sampai 10 Mei dan menyiapkan dokumen-dokumen lainya," katanya.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved