Indragiri Hulu

Dua Gajah Liar Masuk Pemukiman, Tim BKSDA Rengat Turunkan Tim Giring Kembali ke Jalurnya

Gajah liar dari kawasan Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) memasuki wilayah dekat pemukiman di Kecamatan Kelayang, Inhu

Dua Gajah Liar Masuk Pemukiman, Tim BKSDA Rengat Turunkan Tim Giring Kembali ke Jalurnya
.
Dua gajah liar melintas di jalan perkebunan warga di Desa Sungai Kuning Binio, Kecamatan Peranap, Inhu beberapa waktu lalu. 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT- Gajah liar dari kawasan Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) memasuki wilayah dekat pemukiman di Kecamatan Kelayang, Inhu.

Tim dari BKSDA Rengat sudah menurunkan tim untuk menggiring gajah-gajah liar tersebut kembali ke jalurnya.

"Dua hari lalu kita mendapat laporan dari Polsek Kelayang dan kecamatan, ada dua ekor gajah liar yang masuk pemukiman. Tim kita sudah turun ke lokasi," kata Humas BKSDA Rengat, Permohonan Lubis, Kamis (16/5/2019).

Dua ekor gajah betina tersebut diperkirakan masih remaja. Menurut Permohonan Lubis, habitat gajah di kawasan TNTN, daerah jelajah banyak ditemukan di kawasan HTI PT Rimba Peranap Indah (RPI).

"Kemungkinan dia terusik oleh masyarakat makanya dia keluar dari habitatnya," terangnya.

Informasi saat ini belum ada laporan mengenai serangan gajah. Namun BKSDA mendapat laporan gajah memakan tanaman sawit milik warga. Tim mengantisipasi agar gajah tersebut tidak masuk ke wilayah pemukiman.

"Tahap pertama kita menggiring gajah liar tersebut, minimal disterilkan jalurnya. Kita harapkan masyarakat ikut bergabung dengan tim kita. Ikuti saja arahannya agar nanti di lapangan masyarakat tidak saling menghalau jadi tidak bolak-balik kerjanya," pungkas Lubis. (Tribunpekanbaru.com/ bynton simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved