Siak

Disperindag Sidak Timbangan Nonstandar Pedagang di Kecamatan Siak

Tim Disperindag Siak yang terdiri dari unsur UPTD metrologi legal, bidang perdagangan dan pasar sidak penggunaan timbangan tak terstandarisasi.

Disperindag Sidak Timbangan Nonstandar Pedagang di Kecamatan Siak
istimewa
Tim Disperindag Siak melakukan sidak ke toko penjual buah dan melihat timbangannya, Jumat (17/5/2019). 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Tim Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak yang terdiri dari unsur UPTD metrologi legal, bidang perdagangan dan pasar sidak penggunaan timbangan yang tidak terstandarisasi (nonstandar) di seputaran lasar Belantik, toko dan warung, serta mini market yang ada di Kecamatan Siak, Jumat (17/5/2019).

Timbangan nonstandar tersebut timbangan yang tidak dilengkapi tanda tera yang sah. Misalnya pada timbangan plastik berwarna oranye yang biasa beredar di masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Wan Ibrahim, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat saat bertransaksi jual beli khususnya pada Bulan Ramadan.

"Perlu alat ukur atau timbangan yang terstandarisasi sesuai dengan aturan. Penggunaan timbangan plastik ini melanggar Undang-undang nomor 2 tahun 1981 pasal 25, dengan sanksi pidana 1 tahun kurungan dan atau denda Rp 1 juta, " kata Wan Ibrahim.

Saat ini kata dia, dalam pelaksanaan sidak baru dilakukan penyuluhan dan pembinaan kepada para pedagang yang kedapatan masih menggunakan timbangan non standar.

Namun ke depan secara bertahap dan akan dilakukan tindakan tegas di seluruh wilayah Kabupaten Siak.

"Kami akan datang secara mendadak dan tidak terjadwal ke pasar-pasar seluruh Siak, termasuk ke Perawang," kata dia.

Menurut dia masih banyak pedagang yang belum menggunakan timbangan standar. Pihaknya sudah sering memberikan peringatan kepada pedagang untuk meninggalkan timbangan yang tidak standar.

"Saat ini kita merazia, sidak dan memeriksa timbangan pedagang. Jika tidak standar harus kami sita," kata dia. (Tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved