BI Buka Stand Penukaran Uang di Kantor Gubernur Riau

Penukaran bersama uang rupiah kertas di kantor Gubernur Riau mulai berlangsung, Senin (20/5/2019) kemarin. Ratusan orang berdatangan menukarkan uang y

BI Buka Stand Penukaran Uang di Kantor Gubernur Riau
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah warga menukar uang di layanan penukaran uang bersama yang digelar oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Riau menggandeng seluruh perbankan, di halaman kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Senin (20/5/2019). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Penukaran bersama uang rupiah kertas di kantor Gubernur Riau mulai berlangsung, Senin (20/5/2019) kemarin. Ratusan orang berdatangan menukarkan uang yang dimilikinya ke berbagai pecahan.

Seorang petugas Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia (BI) Riau, Hendra mengatakan, penukaran bersama di kantor Gubri akan berlangsung sampai Sabtu 25 Mei 2019.

Untuk hari pertama ini sampai pukul 12.00 WIB, pihak BI menyediakan kuota maksimum untuk 500 orang penukar.

"Tapi jika sebelum pukul 12 udah tercapai 500 penukar lebih dulu, maka kita akan buka lagi jumlah penukarnya. Jadi bisa saja sehari itu lebih 500 orang penukar. Setiap harinya di halaman kantor Gubri kita Opersional jam 9.00 WIB sampai jam 12.00 WIB," ungkap Hendra.

Agus, masyarakat asal Tengkerang Utara, menilai, kegiatan penukaran bersama uang kertas untuk berbagai nominal ini sangat bagus karena cukup mudah diakses masyarakat dan berada di ruang terbuka.

Ia melihat, pihak BI dan Bank-bank yang menjadi penyelenggara kegiatan itu juga menyediakan nominal penukaran yang lebih banyak untuk setiap penukar.

"Dengan penukaran seperti ini bikin masyarakat lebih terbantu dan bikin sangat senang. Kalau kita nukar di luar atau dipinggir jalan (calo), ada biaya tambahannya,” kata Agus.

Sebagai persiapan untuk lebaran, Agus menukar uang kertas baru sebanyak Rp 10 juta. Melihat jumlah keluarga yang sangat banyak di tanah Jawa, mengharuskan Agus menukar dengan jumlah yang tidak sedikit itu.

"Dengan uang baru hari raya rasanya lebih semangat. Saya tukar semua pecahan, dari Rp 2 ribu sampai Rp.20 ribu. Mudah-mudahan bisa, soalnya untuk pecahan Rp.2 ribu sampai Rp.10 ribu kabarnya dibatasi jumlahnya," jelas Agus. (dri)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved