Berita Riau

Lampu Jalan Sekitar Jembatan Siak IV Pekanbaru Belum Juga Terpasang, Gubri Sebut Wilayah Walikota

Pemprov Riau akan berkoordinasi dengan Pemko Pekanbaru terkait belum tersedianya lampu jalan yang ada di akses jalan menuju Jembatan Siak IV.

Lampu Jalan Sekitar Jembatan Siak IV Pekanbaru Belum Juga Terpasang, Gubri Sebut Wilayah Walikota
Tribun Pekanbaru/Risky Armanda
Jembatan Siak IV Pekanbaru ditutup saat tawuran beberapa waktu lalu, polisi siaga 

Lampu Jalan Sekitar Jembatan Siak IV Pekanbaru Belum Juga Terpasang, Gubri Sebut Wilayah Walikota

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemprov Riau akan berkoordinasi dengan Pemko Pekanbaru terkait belum tersedianya lampu jalan yang ada di akses jalan menuju Jembatan Siak IV.

Lampu jalan tersebut sangat mendesak karena jika malam hari jalan di sekitar kawasan Jembatan Siak IV ini gelap gulita.

Sehingga rawan terjadi kriminalitas dan tawuran antar kelompok remaja seperti yang terjadi baru-baru ini.

"Nanti kita koordinasikan dengan Walikota, karena yang punya wilayah Kota Pekanbaru ini Walikota Pekanbaru," kata Gubernur Riau, Syamsuar, Senin (20/5/2019).

Baca: Fakta & Kronologi Tawuran 2 Kelompok Pemuda di Pekanbaru, Kondisi Korban hingga Ada Rumah Dimolotov

Baca: Ini Daerah Rawan Tawuran di Pekanbaru Selain Rumbai Pesisir, Polresta Tingkatkan Patroli

Syamsuar membenarkan jika tahun ini tidak ada dianggarkan untuk pengadaan lampu jalan di sekitar Jembatan Siak IV tersebut. Namun bisa saja di anggaran tahun depan dianggarkan.

"Tahun ini belum, nanti akan kita anggarka, saya tanya ke Dinas PU dulu. Kalau tahun ini memang belum ada,"ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau Ahmad Hijazi meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera memasang lampu jembatan Siak IV dan jalan yang ada disekitar Jembatan Siak IV. Sebab hingga saat ini di sekitar lokasi jembatan Marhum Bukit ini saat malam hari gelap gulita. Sehingga rawan terjadi aksi kriminalitas dan tawuran anak-anak remaja.

"Karena banyak aspirasi masyarakat nanti kita siapkan untuk pemasangannya. Nanti kita koordinasikan dengan dinas PU, ada atau tidak anggaranya, kalau belum dianggarkan perlu proses untuk penganggarannya," kata Hijazi, Jumat (16/5/2019).

Baca: Ada Gangguan PJU, Masyarakat di Pekanbaru Bisa Lapor Lewat Whats App dan IG

Baca: FOTO: Mahasiswa Bentrok dengan Polisi Saat Demo di Depan Kantor KPU Riau

Sementara Kepala Dinas PUPR Riau Dadang Eko Purwanto, mengungapkan, pasca kerusuhan antar remaja di Kecamatan Rumbai Pesisir, Kamis (16/5) malam tepatnya di jalan akses jembatan Siak IV, Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan untuk, rencana pemasangan lampu penerangan jalan akses Siak IV.

Dadang mengatakan, untuk akses jalan jembatan Siak IV masih tanggungjawab Provinsi, untuk itu perlu di lakukan pemasangan lampu tersebut.

“Yah kita sedang berkoordinasi untuk pemasangan lampu akses jalan Siak IV. Nanti dari Dinas perhubungan yang akan menyiapkan penerangan jalan, titik mana saja untuk dipasang lampu penerangan,” katanya.

Baca: Senjata Paling Mematikan Korea Utara, Bukan Nuklir dan Lebih Kuat dari 10 Bom Atom

Dijelaskan Dadang, untuk lampu penerangan jalan akses Siak IV memang sudah dirancang, namun anggarannya belum masuk di APBD tahun 2019 ini. Sedangkan untuk lampu penerangan di jalan sembilang masuk dalam tanggungjawab Pemko.

“Kerusuhan tadi bukan karena tidak ada lampu penerangan, tapi memang kita perlu memasang lampu penerangan untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat. Untuk itulah perlu di koordinasikan, baik denahn Dishub maupun dengan Pemko Pekanbaru," kata dia. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved