Dua Misil Pemberontak Houthi Sasar Mekah dan Jeddah

Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi mengklaim telah mencegat dan menghancurkan dua misil yang diluncurkan kelompok pemberontak Houthi.

Dua Misil Pemberontak Houthi Sasar Mekah dan Jeddah
all-free-download.com
Ibadah haji di Kota Mekah 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JEDDAH - Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi mengklaim telah mencegat dan menghancurkan dua misil yang diluncurkan kelompok pemberontak Houthi di Yaman.

Diwartakan Arab News, Selasa (21/5/2019), misil yang dikirim pada Senin itu menargetkan Mekah dan Jeddah.

Juru bicara Koalisi Arab menyatakan, misil tersebut dihancurkan ketika mencapai Taif dan puing-puingnnya mendarat di Wadi Jalil.

Penduduk di Jeddah mengaku telah mendengar suara ledakan keras pada Senin pagi.

Sementara, video yang beredar di media sosial menunjukkan misil kedua dihancurkan di langit, di atas Bandar Internasional King Abdulaziz.

Media Saudi menyatakan ini ketiga kalinya serangan misil ditembakkan oleh Houthi ke kota suci sejak intervensi koalisi Saudi di Perang Yaman pada Maret 2015.

Laporan AFP menyebutkan, Houthi menolak tudingan tersebut. Kelompok itu mengklaim akan bertanggung jawab apabila mereka benar-benar meluncurkan misil ke Saudi.

"Kami tidak akan malu untuk mengklaim operasi apa pun untuk mempertahankan rakyat dan tanah kami," dmeikian pernyataan juru bicara Houthi.

Menteri Informasi Yaman Muammar al-Iryani membenarkan bahwa Houthi telah mengirim misil ke Mekah. "Pelanggaran terorisme ini diperintahkan oleh Iran," katanya.

Klaim itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan negara-negara Teluk Arab yang bersekutu dengan Amerika Serikat.

Sementara, Arab Saudi akan menjadi tuan rumah KTT Liga Arap pada pekan depan dan dan Dewan Kerja Sama Teluk, yang telah terpecah atas aksi boikot Qatar oleh Saudi dan sekutunya. (*)

Penulis: ihsan
Editor: ihsan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved