Ramadan

Total Dana Santunan Rp 132 Juta, Pengurus Masjid Al Falah Undang 138 Anak Yatim Piatu

Masjid Al Falah Darul Muttaqin menggelar santunan anak yatim bekerjasama dengan One Day One Juz (ODOJ) Pekanbaru.

Total Dana Santunan Rp 132 Juta,  Pengurus Masjid Al Falah Undang 138 Anak Yatim Piatu
TRIBUNPEKANBARU/GURUH BUDI WIBOWO
Anak yatim piatu bercengkrama dengan sesamanya di Masjid Al Falah Darul Muttaqin saat pembagian santunan, Selasa (21/5/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Senyum sumringah tampak menghiasi wajah-wajah polos seratusan anak yatim piatu di Masjid Al Falah Darul Muttaqin usai Salat Zuhur, Selasa (21/5/2019).

Sebagian anak-anak tersebut duduk bersila di atas sajadah menanti nama mereka dipanggil oleh pengurus masjid dengan sabar.

Sedangkan sebagiannya menunggu namanya dipanggil sambil bermain dengan teman-temannya. Tak jarang para pengurus masjid tersenyum-senyum melihat tingkah polah anak-anak yatim piatu tersebut.

Sekretaris Masjid Al Falah Darul Muttaqin, Ali Hasim mengatakan, pengurus masjid sengaja mengumpulkan mereka untuk penyerahan santunan. Kegiatan ini bekerjasama dengan One Day One Juz (ODOJ) Pekanbaru.

Jumlah anak yatim piatu yang mendapatkan santunan 138 anak yang berdomisili di sekitar masjid dana nak yatim tempatan.

"Untuk anak yatim piatu tempatan ada 16 orang. Sedangkan 122 lainnya merupakan anak yatim piatu yang berada di sekitar masjid," ujar Ali Hasim.

Ali Hasim menjelaskan, besaran santunan yang diterima anak yatim tempatan dan anak yatim yang berada di sekitar Masjid Al Falah Darul Muttaqin berbeda-beda.

Untuk anak yatim piatu tempatan mendapatkan Rp3,5 juta, sedangkan untuk anak yatim piatu yang berada di sekitar masjid masing-masing mendapatkan Rp500 ribu.

"Total dana yang kami salurkan bersama ODOJ sebesar Rp132 juta. Santunan tersebut digunakan untuk kebutuhan lebaran Idul Fitri nanti. Dengan santunan tersebut, mereka bisa tersenyum gembira dalam menghadapi lebaran," ujarnya.

Sebenarnya kata Ali Hasim, penyerahan santunan tersebut secara simbolis telah dilakukan pada Minggu (19/5/2019) sore saat berlangsung acara buka bersama.

"Pada acara itu , Masjid Al Falah Darul Muttaqin juga memberikan 200 kotak makanan ke anak yatim piatu dan juga uang transportasi mereka," ungkap Ali.

Sebenarnya, masjid paripurna yang berada di Jalan Sumatera ini tidak hanya menyalurkan santunan ke anak yatim piatu di Ramadan saja. Di luar Ramadan, masjid tersebut juga memberikan santunan kepada puluhan anak yatim piatu.

Ali Hasim mengatakan, masjid Al Falah selalu menyantuni anak yatim piatu setiap 3 bulan sekali di luar Ramadan. Per anak kata Ali, mendapatkan uang sebesar Rp400 ribu.
"Ada 38 anak yatim piatu yang mendapatkan santunan setiap 3 bulan sekali. Uang tersebut sebagai bantuan untuk pendidikan mereka," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/guruh budi wibowo)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved