Siak

Guna Memperlancar Arus Mudik, Dinas PU Tarukim Siak Fokus Perbaiki Jalan Berlubang

Pelaksanaan kegiatan yang sudah selesai dapat diperiksa. Ia memastikan jalan Siak-Buatan yang baru selesai pengerjaan sudah aman dan mulus.

Guna Memperlancar Arus Mudik, Dinas PU Tarukim Siak Fokus Perbaiki Jalan Berlubang
TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Warga Kampung Buantan Lestari, Kecamatan Bungaraya- Siak menanam pisang di badan jalan, Minggu (19/5/2019). 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Dinas Pekerjaan Umun Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Siak fokus perbaiki jalan jalur mudik lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 M. Sedangkan untuk jalan nasional dan provinsi di kabupaten Siak juga diminta diperbaiki.

Kepala Bidang Bina Marga PU Tarukim Ari Novrizal mengatakan, pihaknya masih dalam proses memperbaiki jalan tersebut. Seperti jalan Siak - Buatan sudah selesai diperbaiki.

"Jika masih ada jalan ini berlubang berarti lubang baru yang belum terpantau. Kalau perbaikan patching untuk lubang-lubang yang lama sudah selesai kami kerjakan," kata dia, Rabu (22/5/2019).

Sedangkan jalan Siak -Dayun, Siak- Bunga Raya- Sabak Auh dan Sungai Apit masih sedang dikerjakan. Ari menprediksi sebelum arus mudik lebaran, pihaknya sudah menyelesaikan pekerjaan.

Baca: FEATURE - Kawasan Kumuh di Siak Riau Jadi Destinasi Wisata Terpoluler, Masuk Nominasi API 2019

Baca: Warga Tanam Pisang di Jalan Raya Buantan Lestari Siak

"Ya, tugas kita memperbaiki jalan saat ini memang untuk memperlancar arus mudik. Jadi sebelum arus mudik kita gesa penyelesaiannya," kata dia.

Dia melanjutkan, pelaksanaan kegiatan yang sudah selesai dapat diperiksa. Ia memastikan jalan Siak-Buatan yang baru selesai pengerjaan sudah aman dan mulus.

"Jadi kegiatan kita bukan asal-asalan saja. Kita benar-benar mengerjakan sesuai sebagaimana mestinya," kata dia.

Sementara jalan lain yang berlubang juga dimaksimalkan menjelang arus mudik. Seperti jalan raya Mempura -Pusako.

Ari menegaskan pihaknya fokus memperbaiki jalan Pemda untuk lebaran. Jalan tersebut membentang dari Buatan, Mempura, Siak, Bunga Raya dan Sabak Auh.

"Jalan itu insya Allah aman untuk dilewati, tapi tetap berhati-hati, bisa jadi ado lobang baru belum tertangani," kata dia.

Kalau jalan provinsi yang ada di kabupaten Siak juga akan diperbaki. Ari menyebut pihaknya sudah mendapat informasi saat ini sedang proses lelang.

Baca: Bupati Siak Alfedri Tandatangani Komitmen Bersama Terkait Pengaduan Pelayanan Publik

Baca: VIDEO: BKSDA Riau Musnahkan 500 Batang Sawit di Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil - Riau

"Mudah-mudahaan sebelum lebaran sudah aman untuk dilewati, khusus jalan Simpang Beringin - Simpang Bakal - Simpang Buatan, alan nasional dari Simpang Perak- Simpang Buatan - Simpang Siak - Simpang Mengkapan," kata dia.

Semua pengerjaan perbaikan jalan Pemda Siak itu menggunakan anggaran biaya swakelola di dinas PU Tarukim. Untuk diiketahui, pada 2019 ini jumlah dana swakelola mencapai Rp 19 miliar lebih.

"Dana itu untuk pemeliharaan jalan base, penebasan bahu jalan, pengecetan, pemeliharaan jembatan dan lain-lain," kata dia. (Tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved