Rengat

Polres Inhu Gandeng Baznas Salurkan Zakat Personil

Pada bulan Ramadan ini, sudah dilakukan penyaluran kepada 30 orang Mustahiq yang tersebar pada 10 Polsek jajaran Polres Inhu dengan total Rp 9 juta

Polres Inhu Gandeng Baznas Salurkan Zakat Personil
net
ILUSTRASI 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Polres Indragiri Hulu bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Indragiri Hulu, mengumpulkan zakat pendapatan seluruh personil Polisi dan ASN di jajaran instansi aparat hukum Inhu tersebut dan langsung melakukan penyaluran kepada masyarakat.

Menurut Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting melalui ps Paur Humas Aipda Misran, pengumpulan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulannya yang tentunya merupakan kewajiban dari setiap personil muslim.

"Dari pendapatan setiap bulannya disisihkan zakat 2,5 persen dan langsung disetorkan ke Baznas, "tegas Misran.

Dikatakannya, pengumpulan zakat ini dikoordinir oleh Kabagren Polres Inhu, Kompol Sangkut Suryadi Ningrat, dimana pada bulan Ramadan ini, sudah dilakukan penyaluran kepada 30 orang Mustahiq ( yang berhak menerima) yang tersebar pada 10 Polsek jajaran Polres Inhu dengan total dana Rp 9 juta.

Baca: BPOM Temukan Kerupuk Mengandung Boraks di Pasar Belilas Seberida Inhu Riau

Diungkapkannya, dalam penyaluran zakat ini yang sangat berperan aktif dalam mengumpulkan data Mustahiq adalah Bhabinkamtibmas dan mengusulkan nama keluarga yang berhak mendapatkannya kepada Polres/Bhabin.

"Dari Bhabin akan didapat data, siapa saja masyarakat yang berhak menerima penyaluran zakat dari para Personil Polri tersebut, ucap Misran.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga  bertujuan agar dapat membantu dan mengurangi sedikit beban masyarakat serta dengan kegiatan ini dapat mendekatkan dan mempererat tali silaturahmi Polri dengan masyarakat

Misran menambahkan bahwa zakat perintahnya wajib dari Allah kepada umat muslim.

Langkah ini juga merupakan wujud kepedulian terhadap sesama, terutama mereka yang memang sangat membutuhkan, apalagi jelang Idul Fitri ini.

Baca: 41 Tersangka Narkoba Ditangkap Sepanjang Tahun 2019 di Inhu, RA Diamankan Bawa Lima Paket Sabu-sabu

Dijelaskannya, ada dua kewajiban di negara ini yakni pajak dan zakat. Hanya saja orang cenderung lebih takut bayar pajak dari pada bayar zakat, karena takut dengan hukum negara.

Makanya perlu menggandeng Baznas agar pengumpulkan bisa berjalan sesuai kewajiban dan disalurkan tepat sasaran. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved