Ramadan

Bisa Terlihat Dari Jarak 300 Meter, Menara Indah Masjid Al Hidayah Pekanbaru Menuntun Para Musafir

Ketua Pengurus Masjid Sugeng Widodo mengungkapkan, menara setinggi 20 meter sengaja dibangun agar letak Masjid Al Hidayah mudah diketahui jemaah.

Bisa Terlihat Dari Jarak 300 Meter, Menara Indah Masjid Al Hidayah Pekanbaru Menuntun Para Musafir
Tribun Pekanbaru/Guruh Budi Wibowo
Masjid Al Hidayah di Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Kulim, Kecamatan Tenayan Raya memiliki menara yang cukup indah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Menara saat ini sudah lazim ada dalam sebuah bangunan masjid. Tidak hanya sebatas sebagai estetika, menara masjid berfungsi sebagai syiar agama Islam.

Pada puncak menara, biasanya terdapat pengeras suara untuk memperluas jangkauan azan.

Namun ada juga menara masjid digunakan sebagai mercusuar atau menara pandang.

Tak heran jika banyak menara masjid yang dibangun seunik dan seindah mungkin. Dengan demikian, keberadaan masjid bisa diketahui segera oleh umat Islam yang kebetulan sedang mencari masjid untuk salat.

Masjid Al Hidayah misalnya, masjid yang terletak di Jalan Hangtuah, Kelurahan Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru ini memiliki menara yang cukup indah.

Kombinasi hijau, kuning dan putih, serta kubah di bagian atas menara ini membuat menara masjid yang dibangun di sekitar jalan lintas Sumatera tersebut sangat mencolok.

Ketua Pengurus Masjid Al Hidayah, Sugeng Widodo mengungkapkan, menara setinggi 20 meter tersebut sengaja dibangun agar letak Masjid Al Hidayah mudah diketahui jemaah. Sebab, lahan dibangunnya masjid lebih rendah ketimbang jalan dan bangunan lainnya.

"Akibatnya, masjid ini tak terlihat dari jauh, sebab itu menara ini dibangun," ujarnya.

Sebelum menara masjid dibangun, jemaah yang datang ke masjid tersebut bisa dihitung jari. Jemaah yang datang untuk menunaikan sholat juga hanya berasal dari warga sekitar.

"Setelah dibangun pada 2018 lalu, masjid ini tak pernah sepi dari jemaah. Kebetulan masjid ini kan berada di sekitar jalan lintas," ujar Sugeng, Rabu (23/5/2019).

Halaman
12
Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved