Lebaran 2019

Karyawan Dipersilahkan Melapor, Dinasker Pelalawan Riau Buka Posko Pengaduan THR, Ini Tempatnya

Disnaker Pelalawan Riau membuka Posko pengaduan THR diperuntukkan bagi karyawan atau pekerja perusahaan.

Karyawan Dipersilahkan Melapor, Dinasker Pelalawan Riau Buka Posko Pengaduan THR, Ini Tempatnya
Tribunpekanbaru
Tunjangan hari raya (thr) 

Karyawan Dipersilahkan Melapor, Dinasker Pelalawan Riau Buka Posko Pengaduan THR, Ini Tempatnya

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 ini di kantor Disnaker komplek perkantoran Bhakti Praja.

Posko pengaduan THR diperuntukkan bagi karyawan atau pekerja perusahaan yang tidak dibayarkan tunjangan hari besar keagamaannya.

Meski tidak mendirika posko khusus secara fisik, namun Disnaker tetap akan menerima laporan dari masyarakat yang bermasalah dengan perusahan tempatnya bekerja terkait THR.

"Kita tetap buka posko pengaduan THR, meski tugas pengawasan sudah ada di Disnaker Provinsi Riau. Silahkan saja warg kalau ingin melapor," tutur Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Persyaratan Kerja Dinasker Pelalawan, Iskandar, kepada tribunpelalawan.com, Jumat (24/5/2019).

Baca: Istri Ketua KPU Cianjur Disekap Orang Tak Dikenal, Pelaku Keburu Kabur Saat Aksinya Diketahui Warga

Baca: Hasil Real Count KPU Pilpres 2019 Jumat 24 Mei Data Masuk 94,7% Selisih Suara Jokowi-Prabowo 10 Juta

Iskandar menjelaskan, posko pengaduan yang dibuka Disnaker untuk memperpendek jarak pelaporan. Karyawan yang bermasalah seputar THR tak perlu jauh-jauh ke kantor Dsinake Riau di Pekanbaru untuk mengadukan nasibnya.

Jika ada laporan yang masuk, Disnaker Pelalawan akan memanggil para pihak yakni manajemen perusahan dan pelapor untuk didudukan bersama terkait masalah THR. Kalau kesepakatan dapat diambil saat mediasi itu, laporan akan tuntas sampai di pihaknya saja. Jika kemudian para pihak tak menemukan kata sepakat, persoalanny akan diterukan ke Disnaker Riau untuk ditangani sesuai prosedur yan berlaku.

"(Pengaduan) Ini akan diketahui setelah Lebaran nanti. Kalau sekarang belum ada persoalan, karena belum lewat Idul Fitri," tandasnya.

Pihaknya kembali mengingatkan seluruh perusahaan yang beroperasi di Pelalawan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan dan pekerja THR keagamaan dibayarkan paling lambat satu pekan sebelum Lebaran yang jatuh pada awal Bulan Juni mendatang, sesuai dengan surat edaran yang dikirimkan d pekan lalu.

Baca: Belum Dapat Santunan, Ini Jumlah Harusnya Diterima Keluarga KPPS yang Meninggal di Kuansing Riau

Baca: Lampirkan SPJ Fiktif Proyek Cetak Sawah, Oknum PNS dan Pensiunan di Pelalawan Riau Ditahan Jaksa

Surat edaran itu berpedoman kepada Peraturan Menteri (Permen) Ketenagakerjaan nomor 6 tahun 2016 tentang THR keagamaan pekerja di perusahaan. Selain pembayarannya paling lambat satu pekan sebelum lebaran, karyawan yang masih satu bulan bekerja dipastikan mendapat THR. Dinasker juga mengatur besaran pemberian THR bagi buruh yang belum genap bekerja selama satu tahun.

Disnaker berharap seluruh perusahaan mematuhi imbauan tersebut dan menyalurkan semua hak-hak karyawan maupun pekerjanya. (Tribunpelalawan.com/Johannes Wowor Tanjung).

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Karyawan Dipersilahkan Melapor, Dinasker Pelalawan Riau Buka Posko Pengaduan THR, Ini Tempatnya

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved