Rokan Hulu

Pemkab Rohul Ingatkan Para Pedagang Agar Tidak Cari-cari Kesempatan Jelang Lebaran

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan menghimbau kepada para pedagang agar tidak menaikan harga kebutuhan pokok diluar kewajaran jelang lebaran ini.

Pemkab Rohul Ingatkan Para Pedagang Agar Tidak Cari-cari Kesempatan Jelang Lebaran
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
ILUSTRASI- Pedagang menjajakan sejumlah kue kering jelang lebaran di depan Plaza Sukaramai, Pekanbaru, Senin (4/6/2018). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Seperti menjadi hal yang biasa , jelang hari besar keagamaan seperti hari Raya Idul Fitri, selalu diwarnai dengan kenaikan harga kebutuhan Pokok.

Kenaikan harga ini selain disebabkan Karena permintaan tinggi sehingga menyebabkan harga naik, tapi tidak menutup kemungkinan Kenaikan Harga kebutuhan Pokok jelang lebaran ini juga dilatarbelakangi Motif meraup keuntungan oleh para pedagang.

Untuk Mengantisipasi hal itu, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Ir. Ruslan menghimbau kepada para pedagang agar tidak menaikan harga kebutuhan pokok diluar kewajaran jelang lebaran ini.

Ia menambahakan, Selain menjaga tingkat Inflasi daerah, Himbauan tersebut juga dimaksudkan agar tidak memberatkan masyarakat, mengingat tingginya kebutuhan jelang lebaran.

Baca: Objek Wisata Negeri Di Atas Awan Suligi Hill Rohul Riau Masuk Nominasi API Tahun 2019

"Mudah-mudahan harga tidak naik, kan pedagang ini kadang-kadang setahun sekali kan istilahnya Momennya ya, memang barang itu murah tapi pedagang menaikkan harga. Nah ini kita imbau pedagang di pasar itu cari untungnya jangan terlalu besar," katanya, Jumat (24/5/2019).

Ruslan menambahkan, pihaknya melalui Satker Terkait, saat ini selalu intens melakukan Pemantauan harga bahan makanan pokok di pasaran.

Dijelaskanya, sejauh ini, stok pangan masih terpantau aman, untuk itulah, dirinya meminta pedagang tak menaikkan harga dengan alasan stok langka.

"Ini upaya Pemkab Rohul bersama instansi pemerintahan daerah, namanya Tim Penanganan Inflasi Daerah yang bekerja sama untuk monitoring di pasar-pasar," sebutnya.

Baca: Pakai Sistem Tambal Sulam, Jelang Arus Mudik, Perbaikan Jalan Rusak di Rohul Digesa

Baca: Penukaran Uang Baru untuk Idul Fitri di Rohul Sudah Bisa Dilakukan di Bank Riau Kepri

Sementara, Rini warga Pasirpangaraian, mengaku, sejauh ini harga kebutuhan pokok masih terjangkau, walaupun ada kenaikan masih wajar.

Dirinya berharap, menjelang lebaran kebutuhan pokok tidak melonjak naik, karena faktor ekonomi saat ini tidak mendukung. jika kenaikan bahan pokok melonjak naik tentunya masyarakat akan kwalahan.

"Biasanya dua atau lima hari menjelang lebaran, kebutuhan pokok naik, semoga tahun ini masih bisa terjangkau," pungkasnya.(Tribunrohul.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved