Ramadan

Buatkan Buku Tabungan untuk Latih Anak Yatim Kelola Uang, Masjid Tertua di Pekanbaru Beri Santunan

Seratusan anak-anak yatim di Kota Pekanbaru tak mampu sembunyikan rasa bahagianya ketika mendapatkan santunan dari Masjid Raya Pekanbaru.

Buatkan Buku Tabungan untuk Latih Anak Yatim Kelola Uang, Masjid Tertua di Pekanbaru Beri Santunan
Tribunpekanbaru.com/GuruhBW
Asisten I Pemprov Riau, Ahmad Asrofie menyalurkan santunan kepada 103 anak yatim di Masjid Raya Pekanbaru, Sabtu (25/5/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Seratusan anak-anak yatim di Kota Pekanbaru tak mampu sembunyikan rasa bahagianya ketika mendapatkan santunan dari Masjid Raya Pekanbaru, Sabtu (25/5/2019).

Raut ceria di wajah anak-anak yatim tampak jelas saat mereka menerima santunan yang diserahkan oleh Gubernur Riau diwakili oleh Asisten I Ahmad Asrofie usai Salat Ashar.

Setelah penyerahan santunan, acara dilanjutkan dengan acara berbuka puasa bersama anak-anak yatim.

Ketua Pengurus Masjid Raya Pekanbaru, Amrul Mukhtar mengatakan, ada 103 anak yatim yang mendapat santunan yang terbagi dalam 2 kelompok.

"Kelompok pertama adalah yatim binaan sebanyak 22 anak dan kelompok kedua adalah yatim yang berada di sekitar Masjid Raya Pekanbaru sebanyak 82 anak," ujar Amrul.

Amrul Mukhtar mengatakan, jumlah santunan yang diberikan oleh Masjid Raya berbeda sesuai dengan kelompok yatim. Untuk kelompok yatim binaan rata-rata mendapatkan Rp1 juta.

Sedangkan untuk yatim yang tinggal di sekitar masjid mendpatkan tergantung ketersediaan dana.
Khusus untuk yatim binaan kata Amrul, Masjid Raya memberikan biaya pendidikan hingga sekolah menengah pertama.

Dana bantuan tersebut kata Amrul, diberikan setiap 3 bulan sekali.

"Bantuan pendidikannya kami transfer langsung ke nomor rekening mereka. Kita buatkan buku tabungan agar mereka terlatih mengelola uang," ungkap dia.

Tidak hanya bantuan pendidikan setiap 3 bulan sekali, setiap anak yatim binaan Masjid Raya juga mendapat bantuan pelengkapan bagi anak-anak yatim binaan yang melanjutkan pendidikan dari SD ke SMP.

Dengan demikian, anak-anak yatim memiliki perlengkapan sekolah pada saat menghadapi tahun ajaran baru.

"Perhatian khusus harus kita berikan kepada anak yatim, sudah kewajiban kita untuk memuliakan dan menyantuni anak yatim," ujar Amrul.

Sementara itu, Asisten I Pemprov Riau, Ahmad Asrofie menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, sudah sepantasnya anak yatim mendpatkan santunan jelang mendekatnya Idul Fitri.

"Ini sudah sesuai dengan program pak Gubernur Riau, Syamsuar. Zakat, infak dan sedekah harus digencarkan demi pembangunan di Riau," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/guruh budi wibowo)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved