Ramadan

Cetak Generasi Penghafal Alquran, Miniatur Pesantren di Masjid Baiturahman Pekanbaru

Masjid Baiturrahman di Jalan Pemuda, Kelurahan Rejosari memiliki kelas Tahfiz Quran bagi anak-anak di lingkungan sekitar.

Cetak Generasi Penghafal Alquran, Miniatur Pesantren di Masjid Baiturahman Pekanbaru
Tribun Pekanbaru/Guruh Budi Wibowo
Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Baiturrahman juga menjadi wadah penghafal Al-Qur'an di Jalan Pemuda, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Masjid Baiturrahman di Jalan Pemuda, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru memiliki kelas Tahfiz Quran bagi anak-anak di lingkungan sekitar.

Seperti di pesantren, kelas Tahfiz Quran tersebut mencetak generasi penghafal Alquran.
Sejak berdiri 6 tahun silam, kelas Tahfiz tersebut sudah melahirkan ratusan hafiz.

Hingga saat ini, antusias anak-anak untuk menjadi penghafal Alquran atau hafiz di daerah tersebut cukup tinggi.

"Saat ini sekitar 65 anak-anak warga sini yang menjadi santri dan santriwati kelas Tahfiz Quran di Masjid Baiturrahman. Setiap tahun murid bertambah," ujar Imam Masjid Baiturrahman, Sofyan, Munggu (26/5/2019).

Sofyan menjelaskan, untuk mengajarkan Alquran di Kelas Tahfiz, Masjid Baiturrahman menyiapkan 5 orang ustadz dan ustadzah. Para ustadz dan ustadzah tersebut mengajar anak-anak setiap hari pada ba'da Maghrib.

Sofyan menjelaskan, meskipun mereka belajar hanya 30 menit setiap hari, rata-rata anak-anak di kelas Tahfiz Quran sudah hafal 2 juz. Para penghafal Alquran tersebut merupakan anak usia sekolah dasar.

"Anak-anak tetap sekolah, sepulang sekolah mereka belajar Alquran Tahfiz di sini," ujar Sofyan.

Awalnya, kelas Tahfiz Quran tersebut tidak dipungut biaya. Namun, setiap tahun antusiasme anak-anak yang ingin belajar Alquran dan menghafalnya sangat tinggi, sehingga membutuhkan guru Alquran.

"Anak-anak hanya perlu membayar Rp 25 ribu per bulan," ujarnya.

Selain berasal dari iuran orangtua murid, masjid tersebut juga menggunakan dana dari para donatur yang menyedekahkan sebagian rezekinya untuk kelas Tahfiz Quran Masjid Baiturrahman.

Namun, selama Ramadan ini kata Sofyan, kelas Tahfiz Quran diliburkan.

"Meskipun libur, namun anak-anak mengisi kegiatan Ramadan dengan tadarusan dan kultum setiap subuh," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/guruh budi wibowo)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved