Indragiri Hulu

Penumpang tak Penuhi Target, Belum Setahun, Rute Penerbangan Wings Air Japura-Batam Dihentikan

Rute penerbangan maskapai Wings Air dari Bandara Japura- Batam dan sebaliknya bakal dihentikan.

Penumpang tak Penuhi Target, Belum Setahun, Rute Penerbangan Wings Air Japura-Batam Dihentikan
Istimewa
Pesawat Wings Air 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Rute penerbangan maskapai Wings Air dari Bandara Japura- Batam dan sebaliknya bakal dihentikan.

Kepala Bandara Japura, Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kurniawan, Minggu (26/5/2019) membenarkan hal itu.

Ia menyampaikan, manajemen Wings Air akan memberhentikan penerbangan Wings Air rute Japura - Batam dan sebaliknya mulai tanggal 12 Juni 2019 sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

Alasannya karena jumlah penumpang yang tidak seimbang dengan biaya operasional yang dikeluarkan pihak maskapai Wings Air untuk satu kali keberangkatan.

"Terhitung dari tanggal 12 Juni 2019 sampai dengan batas waktu yang tidak di tentukan, dihentikan, karena jumlah penumpang yang tidak memenuhi target pembukuan Wings Air," kata Kurniawan.

Diterangkannya, bila dirata-ratakan keterisian penumpang per keberangkatan masih di bawah 50 persen dari jumlah 65 kursi di dalam pesawat. Jadwal keberangkatan setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu setiap pekannya.

Data dari Bandara Japura Lirik menunjukkan, maskapai Wings Air sudah melayani 153 penerbangan rute Japura-Batam, terhitung sejak tanggal 11 Agustus 2018 sampai 16 Mei 2019.

Total penumpang Wings Air dengan rute Japura - Batam selama penerbangan tersebut 4.963 orang. Sementara, total penumpang dari rute kebalikan, Batam-Rengat justru lebih rendah, 4.666 orang.

"Idealnya, mereka (Wings Air) masuk ke suatu daerah baru sampai ke break event point kalau tingkat keterisian mencapai angka 50 persen, nah baru memenuhi biaya operasionalnya," terangnya.

Mestinya target tersebut terpenuhi dengan mengharapkan para ASN dan pegawai perusahaan swasta di Inhu melakukan perjalanan dinas lewat Bandara Japura.

Halaman
12
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved