Nasabah Bank Sampah Bisa Hasilkan Pendapatan Rp 1,2 Juta

Bidang Kesejahteraan Sosial (Kesos) Kecamatan Rumbai Pesisir (Rumpes), Pekanbaru, gelar Sosialisasi Peningkatan Kesejahteraan Anggota PKK Melalui Prog

Nasabah Bank Sampah Bisa Hasilkan Pendapatan Rp 1,2 Juta
TRIBUN PEKANBARU
FOTO BERSAMA- Masyarakat Rumbai Pesisir, foto bersama dengan pihak Kecamatan Rumbai Pesisir, usai mengikuti sosialisasi Peningkatan Kesejahteraan Anggota PKK Melalui Program Bank Sampah di Rumbai Pesisir, Senin (26/5). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Bidang Kesejahteraan Sosial (Kesos) Kecamatan Rumbai Pesisir (Rumpes), Pekanbaru, gelar Sosialisasi Peningkatan Kesejahteraan Anggota PKK Melalui Program Basah (Bank Sampah), di ruang pertemuan Kantor Camat Rumbai Pesisir, Senin (26/5/2019).

Kegiatan ini diikuti puluhan warga, yang terdiri dari para ibu PKK se-Kecamatan Rumbai Pesisir.

Hadir Camat Rumpes Indah Vidya Astuti SSTP, Sekretatis Camat, Kasi Kesos Kecamatan Rumbai Pesisir Umbarani Dewi MPd, serta staf Bidang Pengurangan dan Pemanfaatan Bank Sampah DLHK Pekanbaru Een BS.

Kasi Kesos Kecamatan Rumbai Pesisir Umbarani Dewi MPd mengaku, senang melihat tingginya antusias warga yang mengikuti sosialisasi ini. Sebab, akan banyak manfaatnya bagi warga. Selain membuat lingkungan bersih, juga bisa menghasilkan uang.

"Bank sampah di tempat kita ini (Rumbai Pesisir) kan baru. Makanya kita sosialisasi kan kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat ngerti, bahkan bisa menghasilkan uang," kata Umbarani usai acara kepada Tribun.

Dikatakan, untuk bank sampah ini akan aktif usai Lebaran Idul Fitri. Teknisnya sampah akan diambil setiap hari Kamis setiap pekannya. Bahkan akan digelar Diklat tentang sampah.

"Di Rumpes memang kita tidak menyiapkan tempat khususnya. Karena setiap sampah unorganik yang diantar warga, langsung diambil pihak DLHK Pekanbaru. Begitu teknisnya ke depan," tambah Umbarani.

Disinggung mengenai harga sampah ini nanti, tidak ditetapkan. Karena ini nanti akan dihitung oleh Bank Sampah Induk di Kecamatan Tampan. "Setiap warga yang mengantarkan sampahnya, akan dikasih buku tabungan Bank Sampah," sebutnya lagi.

Sementara itu, Pembicara dari Bidang Pengurangan dan Pemanfaatan Bank Sampah DLHK Pekanbaru Een BS menjelaskan, warga yang mengikuti program bank sampah ini, sangat banyak manfaatnya. Untuk nilai ekonomis-nya, dalam satu tahunnya, dari sampah ini bisa menghasilkan uang Rp 1,2 juta. (ale)

Penulis: Alex
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved