Berita Riau

100 Puskesmas di Riau Siaga 24 Jam Selama Lebaran, 34 di Antaranya Ada di Sepanjang Jalur Mudik

Sedikitnya ada 100 puskesmas yang siaga 24 jam selama mudik lebaran. Namun untuk puskesmas yang berada di jalur mudik terdapat 34 puskesmas.

100 Puskesmas di Riau Siaga 24 Jam Selama Lebaran, 34 di Antaranya Ada di Sepanjang Jalur Mudik
facebook
puskesmas 

100 Puskesmas di Riau Siaga 24 Jam Selama Lebaran, 34 di Antaranya Ada di Sepanjang Jalur Mudik

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengungkapkan, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan baik rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) se-provinsi Riau untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Pihaknya sudah menyurati Diskes Kabupaten/Kota agar mengaktifkan puskesmas dan rumah sakit pemerintah dan swasta selama mudik lebaran.

"Kami telah menyurati Diskes kabupaten/kota agar mereka dapat mensiagakan puskesmas terutama yang berada di jalur mudik lebaran, serta rumah sakit pemerintah dan swasta, termasuk rumah sakit TNI/Polri selama H-7 sampai H+7 lebaran," katanya, Selasa (28/5/2019).

Baca: Inilah Sosok yang Ditunjuk Pemda Pelalawan Riau Gantikan Tugas Dirut BUMD Tuah Sekata yang Dipecat

Baca: Inilah Dua Parpol yang Gugat KPU Kuansing Riau ke MK

Sedikitnya ada 100 puskesmas yang siaga 24 jam selama mudik lebaran. Namun untuk puskesmas yang berada di jalur mudik terdapat 34 puskesmas.

"Termasuk 16 rumah sakit pemerintah di kabupaten/kota dan 20 rumah sakit swasta siap siaga menghadapi Idul Fitri," ujarnya.

Fasyankes juga disiapkan di posko mudik lebaran 2019. Sedikitnya ada 100 posko di kabupaten/kota yang terdapat tenaga kesehatan baik dokter, perawat dan bidang yang di standby-kan di posko mudik lebaran.

"Untuk sumber daya manusia kesehatan, sitiap posko kita standby-kan satu dokter dan dua perawat/bidan. Setiap posko terdapat tiga shif dalam sehari, dimana tenaga kesehatan bertugas yang secara bergantian," katanya.

Dari 100 Puskemas yang siaga 24 jam tersebut, ada 34 Puskesmas yang berada di Jalur Mudik Riau. Diantaranya di sepanjang jalan lintas menuju Inhil dari Pekanbaru (8 Puskesmas) yang terdiri dari Puskesmas Sikijang Mati, Pangkalan Kerinci, Ukui, Lirik, Japura, Rengat Kota, Kuala Cenaku, Kepas.

Baca: Inilah 5 Puskesmas di Pekanbaru yang Siaga 24 Jam Saat Libur Lebaran 2019, Beserta Lokasinya

Baca: Waspada Cacar Monyet, Dinkes Pekanbaru Terus Lakukan Pengawasan ke Puskesmas

Menuju Taluk Kuantan sampai dengan Air Molek (8 Puskesmas) yakni Puskesmas Muara Lembu, Taluk Kuantan, Baserah, Cerenti, Peranap, Kelayang, Polak Pisang, Air Molek

Menuju Dumai-Bagan Batu (11 Puskesmas) yaitu Puskesmas Rumbai, Minas, Kandis, Semunai, Muara Basung, Duri, Bangko, Bukit Kapur, Dumai Kota, Ujung Tanjung, Bagan Batu.

Menuju Perbatasan Sumbar (7 Puskesmas). Puskesmas Air Tiris, Rumbio, Kampar, Bangkinang Kota, Salo, Kuok dan Tanah Datar. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono).

100 Puskesmas di Riau Siaga 24 Jam Selama Lebaran, 34 di Antaranya Ada di Sepanjang Jalur Mudik

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved