Santunan untuk Petugas Pemilu yang Meninggal Masih Belum Disalurkan KPU

KPU Riau menyebut, hingga saat ini anggaran santunan masih direvisi di Kemenkeu. Bisa dipastikan dana tidak akan cair dalam waktu dekat.

Santunan untuk Petugas Pemilu yang Meninggal Masih Belum Disalurkan KPU
ist
Logo KPU 

tribunpekanbaru.com - Sampai saat ini, santunan bagi keluarga penyelenggara pemilu yang meninggal dunia belum disalurkan KPU RI. Alasannya, masih dilakukan revisi penganggaran di Kementerian Keuangan, sehingga belum bisa disalurkan.

Demikian dijelaskan Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi, Nugroho Noto Susanto, Selasa (28/5). Menurutnya, saat ini anggarannya masih direvisi di Kementerian Keuangan.

"Karena dari awal tidak dianggarkan untuk santunan meninggal dan sakit, makanya perlu proses revisi dulu," kata Nugroho Noto Susanto kepada Tribun, Selasa (28/5).

Sebagaimana diketahui, sebelumnya rencana penyaluran santunan untuk keluarga penyelenggara pemilu yang meninggal dunia, akan dilakukan sebelum hari raya Idul Fitri. Namun dengan kondisi masih revisi di Kementerian Keuangan, maka pesimistis santunan tersebut bisa cair dalam waktu dekat.

"Untuk informasi yang saya update, sekarang proses revisi itu masih sedang berlangsung," terang Nugroho.

Namun dia juga menegaskan, proses revisi penganggaran di KPU dan Bawaslu tidak terlalu sulit karena tidak mesti menunggu tahapan APBN Perubahan. "Tidak harus menunggu APBN Perubahan, kami lebih lentur karena pekerjaannya berjalan terus," ujarnya.

Sementara untuk santunan dari Gubernur Riau, dari 15 keluarga penyelenggara yang meninggal dunia, santunan baru disalurkan kepada empat keluarga. Sedangkan yang lain masih dilakukan verifikasi oleh tim dari Gubernur.

"Empat orang dari Gubernur sudah diserahkan, sembilan lagi berproses. Dan dua lagi masih diverifikasi apakah masuk atau tidak, karena waktu meninggalnya jauh dari 17 April pelaksanaan pemilu," ujar Nugroho. (uha)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved