Tak Ikut 5x5, Basket Riau Fokus Nomor 3x3 di Pra PON

Basket Riau tak bisa mengirim tim 5x5 ke Pra PON, karena KONI kekurangan anggaran untuk memberangkatkan atlet.

Tak Ikut 5x5, Basket Riau Fokus Nomor 3x3 di Pra PON
TRIBUNPEKANBARU.COM/RINO SYAHRIL
Perbasi Riau hanya akan tampil pada nomor 3x3 pada Kejurnas Basket yang merupakan Pra PON di Jakarta, 17-18 Agustus mendatang. 

tribunpekanbaru.com - Pengprov Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Riau, kini fokus menghadapi Kejurnas Basket yang merupakan ajang Pra PON di Jakarta, pada 17-18 Agustus mendatang. Ada 8 atlet putra-putri dengan dua ofisial yang disiapkan menghadapi event ini.

Sekadar diketahui, pada kualifikasi PON kali ini, cabor basket mempertandingkan 4 kategori yakni kategori 5X5 putra-putri dan kategori 3x3 putra-putri. Perbasi Riau sendiri memastikan tidak bisa tampil full tim di semua kategori.

"Untuk kategori 5x5 putra-putri kita sudah putuskan gagal berangkat. Sekarang kita fokus memberangkatkan tim 3x3," kata Ketua Harian Perbasi Riau, Hendry, didampingi sejumlah pengurus lainnya kepada Tribun, Selasa (28/5) di Pekanbaru.

Kenapa Riau tidak bisa memberangkatkan kategori 5x5? Dijelaskan Hendry, kondisi sekarang ini memang tidak sesuai harapan pihaknya. Sehingga tim merasa kecewa, karena sudah sejak jauh hari persiapan dilakukan secara matang.

"Kami akhirnya kecewa karena tak bisa berangkat semuanya. Kami persisnya tak menyalahkan KONI lah, karena dari sisi anggaran memang tak cukup, tapi tak harus begini," katanya.

Meski demikian, pihaknya harus menerima kenyataan ini, dan kini menatap ke depan dengan penuh sikap optimistis pada kategori 3x3 yang harus tampil. Itupun, pihaknya masih menunggu jumlah besaran bantuan dari KONI Riau untuk tim 3x3 ini.

Kejurnas Basket yang merupakan ajang Pra PON di Jakarta nanti, khusus mempertandingkan kategori 3X3 putra-putri. Perbasi Riau sudah mempersiapkan skuad 3x3 terdiri dari tim putra dan putri sejak beberapa bulan lalu.

"Kita ucapkan terimakasih kepada manajer, pelatih, dan semua pemain. Mari kita fokus pada Kejurnas ini yang merupakan Pra PON. Tentunya peluangnya semakin kecil dibanding Porwil, karena persaingan ramai. Tapi kami optimistis bisa mempersembahkan hasil terbaik," sebutnya.

Manajer Tim Basket Riau, Asman, menyampaikan hal yang sama. Meski pihaknya sudah melakukan persiapan yang cukup, namun sepertinya perlu persiapan yang ekstra lagi. Sebab peluang timnya di kategori 3x3 ini sangat terbuka lebar untuk bisa lolos dan mendapat tiket ke PON Papua tahun depan.

"Untuk tiket ke PON, cabor basket sampai peringkat 3. Tapi kita tidak akan diam, karena kita berusaha agar menjadi yang terbaik. Makanya kita sedangkan intensifkan hubungan kita dengan KONI, sehingga bisa berangkat dan meraih prestasi," terangnya.

Asman menyebutkan, materi pemain 3x3 yang dimiliki Riau saat ini sangat mumpuni. Materi pemainnya sudah kategori tim nasional. Bahkan di bagian putra ada kemungkinan juara. Namun begitu dia mengaku masih perlu perbaikan.

Dari semua pemain yang menghuni Pelatda basket, semuanya merupakan pemain asli lokal Riau. Mereka saat ini sedang giat latihan, terutama untuk skil, mental, dan kepercayaan diri. "Kita tidak ada TC. Kita inisiatif latihan tiap hari saja. Makanya tidak ada istilah tim inti, karena kita menyiapkan atlet yang siap tampil, termasuk yang kita siapkan cadangan," tuturnya. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved