Hakim PTUN Pekanbaru Tolak Gugatan Buruh Inhu

Perjuangan serikat buruh di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kandas, menyusul Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Pekanbaru menolak gugatan mereka.

Hakim PTUN Pekanbaru Tolak Gugatan Buruh Inhu
Tribunpekanbaru/Bynton Simanungkalit
Bupati Inhu, Yopi Arianto saat menemui para pekerja dan buruh di Rengat. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Perjuangan serikat buruh di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kandas, menyusul Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Pekanbaru menolak gugatan mereka.

Selanjutnya serikat buruh di Inhu masih harus memikirkan langkah baru untuk memperjuangkan pengesahan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Inhu tahun 2019.

April, Ketua SP3 SPSI Kabupaten Inhu mengatakan putusan PTUN Pekanbaru tersebut dibacakan Senin (27/5/2019).

April yang merupakan salah satu perwakilan buruh Inhu yang hadir saat pembacaan putusan tersebut mengungkapkan bahwa PTUN Pekanbaru menolak seluruhnya gugatan mereka dan menyatakan surat keputusan Gubernur Riau sah menurut hukum.

"Kemarin gugatan itu kita sampaikan atas nama Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Provinsi Riau, dan ada tiga gugatan yang kita sampaikan," kata April, Rabu (29/5/2019).

April menerangkan tiga gugatan mereka, pertama meminta diterbitkannya UMK Inhu dan UMK Bengkalis yang sesuai dengan formula yang benar.

Kedua meminta pembatalan Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau soal pengesahan UMK. Ketiga meminta Gubernur Riau menerbitkan SK yang baru.

"Kita juga bingung bagaimana gugatan kita ditolak, sementata esepsi mereka yang menyatakan kita salah gugat ditolak," kata April.

April juga menyebutkan pihaknya belum mengambil keputusan terkait putusan tersebut. Pasalnya sampai saat ini pihaknya belum menerima salinan putusan itu. Rencananya serikat buruh di Inhu akan melaksanakan rapat untuk membahas putusan itu. (ton)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved