KPU Riau: Caleg PNS Ditetapkan Sesuai Surat Edaran dari KPU RI

KPU Riau mengakui ada caleg yang berstatus PNS di Inhu. Namun menurut KPU Riau, penetapannya dalam DCT lalu sesuai edaran dari KPU RI.

KPU Riau: Caleg PNS Ditetapkan Sesuai Surat Edaran dari KPU RI
ist
Logo KPU 

tribunpekanbaru.com - Adanya calon legislatif (caleg) yang kembali menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah gagal terpilih pada pemilu April 2019, ditanggapi Ketua Komis Pemilihan Umum (KPU) Riau, Ilham Muhammad Yasir. Peristiwa ini terjadi pada caleg di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Menurut Ilham, yang bersangkutan benar terdaftar sebagai caleg dari PPP untuk DPRD Provinsi Riau Dapil Inhu-Kuansing.

"Dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) yang kami tetapkan, yang bersangkutan sudah mundur dari ASN ditandai surat pernyataan, dan sudah ada kartu anggota parpol PPP. Atas dasar itulah KPU membuat penetapan sebagai caleg tetap, dan namanya ada di surat suara," terang Ilham Muhammad Yasir, Rabu (29/5).

Kemudian keluar surat edaran dari KPU RI jelang penetapan DCT, 19 September 2019. Isinya, bagi yang belum bisa menyerahkan SK pemberhentian dikarenakan faktor di luar kemampuannya, maka KPU meminta melalui partainya agar yang bersangkutan membuat surat pernyataan tertulis bermaterai, bahwa sudah mengurus SK pemberhentian.

"Karena SK pemberhentian tak kunjung keluar dari instansinya, maka surat edaran menjadi dasar bagi KPU Riau untuk menetapkan yang bersangkutan ke dalam DCT," ujar Ilham.

Sebenarnya, begitu seorang ASN masuk parpol yang dibuktikan dengan KTA, maka dengan sendirinya statusnya sebagai ASN gugur. Itu ditegaskan dalam UU ASN Nomor 6/2004. (uha)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved