KPU Riau Kumpulkan KPU Kabupaten/Kota, Bersiap Hadapi Sidang Gugatan Pemilu di MK

KPU Riau mengumpulkan KPU dari seluruh daerah di Riau, serta mulai mengumpulkan bukti-bukti untuk menghadapi gugatan parol di MK.

KPU Riau Kumpulkan KPU Kabupaten/Kota, Bersiap Hadapi Sidang Gugatan Pemilu di MK
ist
Logo KPU 

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mulai persiapkan diri untuk menghadapi gugatan peserta pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satunya dengan mengumpulkan seluruh KPU kabupaten/kota di Riau.

"Kami mulai mempersiapkan apa saja yang masuk dalam materi gugatan partai politik," ujar Komisioner KPU Riau Divisi Hukum, Firdaus, kepada Tribun, Rabu (29/5).

Sebagaimana diketahui, di Riau ada sembilan gugatan pemilu yang didaftarkan partai politik dari enam kabupaten dan kota. Berkas gugatannya sudah diterima KPU, meskipun belum semua berkas tersebut lengkap.

Dari gugatan yang masuk tersebut, sejumlah partai masih harus melakukan perbaikan, karena masih banyak berkas yang tidak lengkap. "Belum semua lengkap berkas gugatan dan perlu perbaikan, kan diberi waktu perbaikan oleh MK," ujar Firdaus.

Saat ini, KPU Riau sedang mempersiapkan berkas untuk menghadapi gugatan tersebut, di antaranya yang diminta KPU RI adalah gugatan terkait pilpres, dengan jadwal sidang lebih cepat yakni dimulai 14 Juni mendatang.

"Kawan-kawan kabupaten dan kota siapkan data dan alat bukti yang dibutuhkan. Kami diminta membuat catatan dan kronologis pada saat rekap di kecamatan dan kabupaten serta provinsi," terang Firdaus.

Untuk gugatan pilpres, ada tiga substansi di antaranya gugatan terkait 17 juta pemilih, soal salah input situng (sistem penghitungan) KPU, dan tata cara memilih.

"Kemudian kami juga diminta membuktikan kehadiran saksi pada saat pemungutan suara. Ada tidak rekomendasi Bawaslu terkait Pilpres, dan ditindaklanjuti apa tidak," kata Firdaus. (uha)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved