Penukaran Bersama, BI Riau Catat Hampir 11 Miliar Rupiah Uang Baru Sampai ke Masyarakat

Kantor Perwakilan wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Riau mencatatkan jumlah penukaran uang baru oleh masyarakat hampir Rp 11 miliar.

Penukaran Bersama, BI Riau Catat Hampir 11 Miliar Rupiah Uang Baru Sampai ke Masyarakat
Tribun Pekanbaru/Hendri Gusmulyadi
Seorang kasir BI Riau, tengah menghitung jumlah uang baru yang akan diserahkan ke masyarakat yang menukar uang baru di Kantor BI Riau. 

Penukaran Bersama, BI Riau Catat Hampir 11 Miliar Rupiah Uang Baru Sampai ke Masyarakat

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Selama kegiatan penukaran bersama di kantor Gubernur Riau, 20-25 Mei 2019 kemarin, Kantor Perwakilan wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Riau mencatatkan jumlah penukaran uang baru oleh masyarakat hampir Rp 11 miliar.

Kepala KPw BI Riau, Decymus menyebut antusias masyarakat Pekanbaru begitu tinggi untuk menukar uang baru. Selain karena lokasinya mudah dijangkau serta mudah terlihat, lokasi penukaran pun nyaman.

Sejak dimulai tanggal 20 Mei hingga 25 Mei 2019, BI mencatat, di hari pertama terhitung 311 orang penukar dengan total penukaran Rp.1.334.800.000.

Baca: Dua Truk Laga Kambing di Minas Siak Riau, Seorang Sopir Meninggal di Tempat

Baca: Gemeletuk Kematian, Suara Tanda Seseorang Menjemput Ajal, Terdengar Sekitar 23 Jam Sebelum Meninggal

Hari kedua 375 orang dengan total penukaran Rp.1.703.500.000, hari ketiga 427 orang dengan total penukaran Rp. 1.992.800.000, hari keempat 477 orang sebesar Rp.2.059.900.000, hari kelima 257 orang sebesar Rp.1.539.600.000, dan hari keenam 676 orang dengan total penukaran Rp. 2.334.300.000.

Untuk jumlah total penukar terhitung 2.528 orang, dengan total yang berhasil ditukar sebesar Rp.10.964.900.000.

"Penukaran bersama di Kantor Gubri salah satu skema kami, artinya BI untuk penukaran uang juga bisa di bank-bank. Bank-bank sudah kami serahkan uang-uang baru dengan berbagi pecahan. Juga ke Kabupaten-kabupaten yang ada di Riau, ada enam, sedangkan tahun lalu hanya di Pekanbaru," ungkap Decymus pada acara buka puasa bersama BMPD Riau belum lama ini.

Baca: WhatsApp Segera Punya 13 Fitur Baru, Bisa Setting Privasi Grup dan Bagikan Status ke Facebook Story

Baca: Resep Kue Lebaran, Lezatnya Kue Kering Dobel Cokelat Bikin Lebaran Istimewa

Decymus menuturkan, menyambut Hari Raya Idul Fitri, BI Riau mengalokasikan Rp 28 miliar untuk semua kegiatan penukaran. Sementara untuk semua jenis transaksi, BI Riau menyiapkan total Rp5 triliun.

Jumlah 5 triliun rupiah tersebut merupakan langkah BI Riau agar tidak terjadi kekurangan stok uang selama masa lebaran

Sementara itu, Decymus mengaku, total uang yang dipasok BI sebagai persiapan lebaran, dan sudah ditarik masyarakat, biasanya akan kembali lagi dengan cepat dan bertahap.

Baca: Waspada Berkendara di Titik Rawan Jalur Mudik di Kuansing Riau, Ada Rawan Longsor & Jalan Berlubang

Baca: Keluarga Hery Anggota KPPS di Pelalawan Riau yang Meninggal Dunia Terima Santunan

"Jika H-1 lebaran Rp5 triliun itu habis ditarik masyarakat, itu H+1 sampai sebulan setelah lebaran, uang tersebut akan kembali lagi dengan cepat ke BI, masyarakat sudah mulai menabung lagi ke bank-bank.

Biasanya itu sampai 90 persen. Sementara sisa 10 persen lagi biasanya uang pecahan kecil, masyarakat menahan karena malas menyetorkan lagi ke bank," jelasnya. (Tribunpekanbaru.com/Hendri Gusmulyadi).

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penukaran Bersama, BI Riau Catat Hampir 11 Miliar Rupiah Uang Baru Sampai ke Masyarakat

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved