Perolehan Suara Meningkat di Pemilu 2019, Demokrat Riau Langsung Tatap Pilkada

Partai Demokrat Riau mengklaim perolehan suara pada pemilu 2019 meningkat. Kini partai berlambang bintang mercy itu menatap pilkada dengan optimistis.

Perolehan Suara Meningkat di Pemilu 2019, Demokrat Riau Langsung Tatap Pilkada
Logo Partai Demokrat

tribunpekanbaru.com - Partai Demokrat mulai mempersiapkan kader terbaiknya untuk diusung pada Pilkada serentak di 9 kabupaten dan kota di Riau tahun 2020 mendatang. Apalagi, Demokrat memiliki kekuatan di parlemen masing-masing, sehingga tidak susah untuk mengusung kader sendiri.

Demikian dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat, Asri Auzar. Menurutnya, tahapan pilkada serentak sudah di depan mata, sehingga partainya mulai persiapan menuju pemilu di daerah tersebut.

"Waktunya sudah dekat, tentunya Demokrat mulai mempersiapkan kader terbaik untuk diusung di Pilkada serentak mendatang," ujar Asri Auzar kepada Tribun, Kamis (30/5).

Menurutnya, untuk di Riau, Demokrat memiliki banyak kader yang bisa diunggulkan dan bahkan berpengalaman, karena dalam beberapa Pilkada di Riau, kader Demokrat sudah tidak asing lagi di mata masyarakat.

"Kita punya kader-kader yang cukup bagus dan siap dimunculkan ke masyarakat, jadi kita tidak khawatir soal itu," ujar Asri Auzar.

Apalagi, Asri Auzar mengklaim prestasi partai Demokrat pada Pemilu 2019 ini meningkat dari Pemilu 2014 silam. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah kursi di beberapa kabupaten dan kota di Riau. "Secara keseluruhan terjadi peningkatan, di seluruh kabupaten dan kota di Riau mengalami peningkatan," katanya.

Di antara raihan yang meningkat tersebut adalah di Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Meranti, dan Kampar. Sedangkan di beberapa daerah lainnya jumlah kursinya tetap. "Kecuali Rokan Hulu mengalami penurunan dari jumlah kursi sebelumnya untuk DPRD kabupaten," ujar Asri.

Sementara untuk kursi DPRD Provinsi Riau, Demokrat tetap dapat 9 kursi, meskipun kehilangan dua kursi di Rohul dan Kampar, namun ada penggantinya didapat dari Pekanbaru dan dapil Siak-Pelalawan. "DPRD Riau tetap, ada yang bertambah dan ada yang berkurang, sehingga jumlahnya tetap 9 kursi," ujarnya lagi.

Sedangkan untuk kursi DPR RI, Demokrat tetap mewakilkan dua Kadernya dari Riau ke Senayan, yakni untuk Dapil Riau 1 mantan bupati Rokan Hulu Achmad, dan untuk Dapil Riau 2 Muhammad Nasir.

"Untuk Senayan tetap dua kursi dari Riau, ada Pak Achmad dan Pak Muhammad Nasir. Secara keseluruhan prestasi Demokrat meningkat. Kabupaten/kota banyak yang meningkat," tambahnya. (uha)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved