Iga Bakar Dalam Cobek, Olahan Spesial dengan Bumbu Rahasia

Iga biasanya diolah dengan cara dibakar atau disup. Tentu dibakar dengan menggunakan arang. Namun berbeda dengan menu Iga Bakar Cobek.

Iga Bakar Dalam Cobek, Olahan Spesial dengan Bumbu Rahasia
tribun pekanbaru
BUMBU KHUSUS - Iga bakar dimasak dalam cobek usai diberi bumbu khusus di Iga Bakar Cobek, Jalan Gardenia, Sukajadi, Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Iga biasanya diolah dengan cara dibakar atau disup. Tentu dibakar dengan menggunakan arang.

Namun berbeda dengan menu Iga Bakar Cobek di Jalan Gardenia, Sukajadi, Pekanbaru. Menu ini spesial sekaligus menjadi nama tempatnya.

Sekilas dari namanya, terbersit bagian dari rusuk sapi itu dibakar. Elis, pemilik Iga Bakar Cobek, mengungkapkan, iga sama sekali tidak dibakar atau dipanggang.

Justru dimasak dengan ramuan bumbu khusus racikan sendiri.

Menurut Elis, proses memasaknya yang membuat menu ini menjadi spesial. Iga dimasak di dalam cobek. Yakni sebuah wadah yang terbuat dari tanah liat.

Sejak zaman dahulu, cobek digunakan untuk menggiling atau mengulek.

"Iga, daging dan tulangnya dimasak di dalam cobek. Kemudian juga dihidangkan bersama cobek," sebut Elis, Senin (27/5/219).

Lantas, mengapa disebut dengan iga bakar? Ia mengatakan, bahwa rasa bakaran dari cobek tersebut yang membuat terkesan dibakar.

"Iga mendidih di dalam cobek. Jadi ada rasa bakaran dari cobek seperti dibakar dengan arang. Makanya iga seperti dibakar," jelas wanita berkaca mata ini.

Cara memasaknya, iga awalnya dimatangkan berpadu dengan bumbu dalam cobek besar. Kemudian dihangatkan, selanjutnya disajikan dengan cobek kecil.

Halaman
12
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved