Idul Fitri 2019

Sepenggal Cerita di Kota Maumere, Saat Ribuan Umat Shalat Id di Depan Gereja

Shalat dipimpin Haji Adnan sebagai imam dan Ustaz Hainun Rasyid sebagai khatib. Dalam ceramahnya, Ustaz Hainun mengatakan, umat Muslim di Sikka

Sepenggal Cerita di Kota Maumere, Saat Ribuan Umat Shalat Id di Depan Gereja
KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS
Ribuan umat muslim menunaikan shalat Id di depan Gereja GMIT Kalvari Kota Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur, Rabu (5/6/2019). (KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS) 

TRIBUNPEKANBARU.com -- Ribuan umat Muslim di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, menunaikan shalat Idul Fitri  di depan gereja GMIT Kalvari Maumere, Rabu (5/6/2019) pagi.

Dikutip Tribunpekanbaru.com dari Kompas.com, terpantau ribuan umat muslim, anak-anak hingga orang dewasa, mulai mendatangi lapangan Kota Baru kota Maumere pada pukul 05.30 Wita.

Mereka menunaikan shalat Id beralaskan koran dan sajadah.

Shalat dipimpin Haji Adnan sebagai imam dan Ustaz Hainun Rasyid sebagai khatib.

Dalam ceramahnya, Ustaz Hainun mengatakan, umat Muslim di Sikka diminta agar melakukan kebaikan dan menjauhkan segala bentuk kemungkaran.

Baca: TERLENGKAP, 20 Koleksi Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Minal Aidzin Wal Faidzin!i

Baca: LIVE NOW, VIDEO Streaming Australia Open 2019, Anthony Ginting Vs Heo Kwang Jam 10.30 WIB

Baca: Jadwal Live Streaming Babak Perempat Final Piala Dunia U-20 2019, Tim Besar Berguguran DiBabak 16

"Al-Quran telah menjadikan amal mahruf nahi mungkar yaitu menyuruh manusia berbuat baik dan mencegah perbuatan jahat sebagai identitas generasi terbaik di dunia," katanya.

Sementara itu, seusai shalat Id, Bupati Sikka Roberto Diogo meminta agar semangat Ramadhan dipertahankan sepanjang tahun, yakni menahan godaan untuk tidak berbuat jahat atau buruk.

Warga diminta memperbanyak berbuat kebajikan bagi sesama.

Dia mengaku senang dengan tema yang diusung dalam perayaan Idul Fitri tahun ini di Sikka, yaitu "Dengan Semangat Idul Fitri 1440 Hijriah, Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa untuk Memperkokoh Rasa Persaudaraan Antar Sesama Umat di Kabupaten Sikka".

"Saya senang sekali tema ini. Karena dalam ajaran Islam, ada tiga macam ukhuwah atau persaudaraan yaitu ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan umat Islam, ukhuwah Wathaniyah atau persaudaraan antar warga bangsa, dan ukhuwah Basyariah atau persaudaraan antar umat manusia," ungkap Roberto. "Berdasarkan ini, saya mengajak kita semua sama-sama membangun Sikka tercinta," tambahnya.

Editor: David Tobing
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved