Kesehatan

Ibu Hamil Waspadai Karang Gigi, Bayi Bisa Lahir dengan Berat Badan Rendah Bahakn Prematur

Karang gigi sering dianggap sepele. Padahal, efeknya berbahaya, terutama bagi janin yang sedang dikandung.

Ibu Hamil Waspadai Karang Gigi, Bayi Bisa Lahir dengan Berat Badan Rendah Bahakn Prematur
istimewa
Dokter gigi Riona Ulfa 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Karang gigi sering dianggap sepele. Dibiarkan karena dikira tidak memiliki efek langsung yang langsung kelihatan. Padahal, efeknya berbahaya. Terutama bagi janin.

Drg Riona Ulfa mengungkap dampak buruk karang gigi bagi janin. "Bisa BBLR atau berat bayi lahir rendah," ungkapnya, Kamis (30/5/2019).

Menurut referensi yang pernah ada, bayi bisa lahir berukuran terlalu kecil bahkan dimungkinkan prematur.

Karang gigi tentu bukan pada janin itu. Melainkan pada ibu hamil. Riona mengingatkan ibu hamil waspada terhadap karang gigi. Ia menjelaskan, karang gigi menyebabkan munculnya bakteri di mulut.

Bakteri tersebut kemudian tertelan ke dalam tubuh bersama ludah atau makanan. Lalu masuk ke tubuh calon bayi. Sehingga mengganggu pertumbuhannya.

"Dari penelitian yang ada, salah satu penyebab kelainan pada bayi karena bakteri dari karang gigi," kata pemilik Riona Dental Care di Jalan Harapan Raya ini.

Karang gigi, kata Riona, juga merusak jaringan pendukung gigi. Yakni, gusi dan tulang gigi. Pada kondisi tersebut, gigi akan goyang.

Bahkan bisa copot dengan sendirinya. Gusi menjadi sering mengeluarkan darah dan infeksi. Sehingga membahayakan kesehatan janin.

Riona menjelaskan, karang gigi merupakan kasus yang paling banyak dijumpai. Karang gigi adalah hasil pengkristalan plak-plak sisa makanan. Menempel sangat kuat pada gigi, sehingga dinamai karang.

Menurut Riona, perokok, penikmat kopi dan teh termasuk paling berisiko karang gigi.

Halaman
123
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved