Nikmatnya Sotindang, Bakso Ikan Patin dengan Kuah Udang Kreasi Viviana Hanifa

Bakso berbahan dasar ikan patin dan kuah udang dengan pelengkap mie sagu, resep kreasi Viviana Hanifa dinamai Sotindang.

Nikmatnya Sotindang, Bakso Ikan Patin dengan Kuah Udang Kreasi Viviana Hanifa
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang/Instagram
Bakso Ikan Patin Kuah Udang Kreasi Viviana Hanifa 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Siapa yang tidak kenal bakso? Masakan ini sering menjadi menu pilihan menemani kebersamaan keluarga dalam berbagai suasana atau perayaan khusus.

Seperti dalam suasana Hari Raya Idul Fitri. Bakso bermacam varian juga sudah banyak dijumpai.

Bakso ikan patin dan kuah udang menambah varian masakan nusantara ini. Seperti yang diolah oleh Viviana Hanifa. Sesuai bahan dasarnya, ia menamai hasil kreasi ini dinamai dengan Sotindang atau bakso patin kuah udang.

Sotindang dibuat untuk hidangan utama bagi para tamu yang datang berlebaran ke rumahnya di Villa Srikandi Jalan Srikandi, Pekanbaru. Ia mengklaim varian bakso ini belum pernah ada sebelumnya.

Vivi, sapaan akrabnya, sengaja menciptakan menu ini agar hidangan lebaran lebih bergizi. Anak-anaknya juga sangat suka.

"Berhubung anak-anak suka bakso, jadi ingin membuat makanan yang berigizi. Nggak melulu dari ayam atau daging sapi," katanya, Kamis (6/6/2019).

Daging ikan patin dipilihnya yang masih segar untuk bahan bakso. Langkah pertama Vivi membuat baksonya terlebih dahulu, karena pengerjaannya paling lama dan butuh waktu saat memprosesnya.

Cara membuat bakso patin, sebenarnya cukup mudah. Daging ikan patin yang sudah dibuang tulangnya diblender dengan air es sampai halus merata. Kemudian, Vivi mencampurkan tepung sagu dan terigu ke dalam adonan daging patin.

"Ditambah putih telur supaya lebih kenyal dan lembut baksonya," jelas Ketua BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Pekanbaru ini.

Vivi juga menambahkan merica, kaldu dan garam untuk memperkaya rasa bakso. Adonan bakso yang sudah halus dan dicampur bumbu kemudian dibentuk bulat-bulat. Adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat, direbus sampai mengapung.

Halaman
12
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved