KPU Pelalawan Tunggu Registrasi MK Sebelum Tetapkan Jadwal Pleno Pemenang Pemilu

KPU Pelalawan belum bisa menetapkan tanggal pleno hasil pemilu, karena masih menunggu registrasi dari Mahkamah Konstitusi.

KPU Pelalawan Tunggu Registrasi MK Sebelum Tetapkan Jadwal Pleno Pemenang Pemilu
antara
Petugas memasang barikade di depan gedung Bawaslu RI di Jakarta beberapa waktu lalu. KPU Pelalawan menunggu registrasi dari MK, sebelum melaksanakan pleno penetapan pemenang pemilu di Kabupaten Pelalawan. 

tribunpekanbaru.com - Hampir dua bulan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berlalu. Pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) telah diketahui dan tinggal penetapan di masing-masing daerah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, belum bisa memastikan jadwal penetapan perolehan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pileg 2019 lalu. Walaupun sudah ada penetapan dari KPU pusat beberapa waktu lalu yang berujung pada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh peserta pemilu.

"Kita masih menunggu keluarnya resgistrasi dari MK, setelah itu baru kita gelar pleno perolehan kursi," ungkap Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardi Wandi kepada Tribun, Minggu (9/6).

Menurut Wan Kardi, MK diperkirakan akan mengeluarkan registrasi pada tangal 1 Juli mendatang. Tiga hari setelah register, keluar barulah seluruh KPU di daerah bisa melaksanakan rapat pleno penetapan caleg pemenang.

Dalam pleno penetapan nanti, KPU akan melaksanakan secara terbuka dengan mengundang para pihak yang berkepentingan. Direncanakan, pleno perolehan kursi tersebut dilaksanakan di gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja.

"Jadi kita masih tetap menunggu registrasinya sekarang. Seteloah itu barulah kita tetapkan pemenang Pileg di tingkat kabupaten," terang Wan Kardi. (joe)

Penulis: johanes
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved