Berita Riau

Terbanyak dari Rutan Klas II A Pekanbaru Terima Remisi Lebaran 2019, 36 Napi di Riau Langsung Bebas

Penerima remisi terbanyak dari 15 Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan tersebut ada di Lapas Klas II A Pekanbaru dengan 598 orang

Terbanyak dari Rutan Klas II A Pekanbaru Terima Remisi Lebaran 2019, 36 Napi di Riau Langsung Bebas
Istimewa
Plh Karutan Rengat Kelas II B Rengat, Irdiansyah Rana memberikan remisi kepada warga binana Rutan Kelas II B Rengat pada momen Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Rabu (5/6/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah narapidana di 15 Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan di wilayah Kanwil Hukum dan HAM Riau langsung menghirup udara bebas saat menerima remisi lebaran tahun 2019.

Total keseluruhan yang menerima remisi ada 2.927 orang dimana 36 orang diantaranya langsung bebas menghirup udara bebas. Sedangkan 2.891 lainnya masih menjalani masa tahanan sisa setelah dapatkan remisi.

"Jadi total keseluruhan yang langsung menghirup udara bebas ada 36 orang, tersebar di Rutan dan Lapas di Riau, "ujar Kepala Divisi Lapas Kanwil Hukum dan HAM Riau Surung Pasaribu kepada Tribunpekanbaru.com Minggu (9/6).

Sebagaimana diketahui pemerintah memberikan remisi khusus bagi narapidana pada hari perayaan tertentu termasuk lebaran dan 17 Agustusan.

Baca: 378 Warga Binaan Rutan Klas IIB Dumai dan 13 Narapidana Narkotika Rutan Teluk Kauntan Terima Remisi

Baca: Dua Tahanan Rutan Teluk Kuantan Langsung Bebas Setelah Menerima Remisi Lebaran 2019

Ini diperuntukkan bagi Napi yang dinilai layak menerima setelah dilakukan seleksi oleh pihak Lapas, mulai dari pertimbangan kelakuan baik selama menjadi warga binaan dan pertimbangan lainnya.

"Yang jelas diajukan berdasarkan pertimbangan kelakuan baik selama menjadi warga binaan dan disetujui oleh Kemenkumham, "ujar Surung Pasaribu.

Remisi ini merupakan bagian dari hadiah bagi warga binaan yang sudah berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan di Lapas.

Baca: 326 Warga Binaan Rutan Rengat Mendapat Remisi pada Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah

Baca: 458 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian Rokan Hulu Riau Dapat Remisi Hari Raya Idul Fitri

Penerima remisi terbanyak dari 15 Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan tersebut ada di Lapas Klas II A Pekanbaru dengan 598 orang, disusul Lapas Klas II B Bangkinang 411 selanjutnya Bengkalis 349 dan Lapas Klas II A Tembilahan 298.

Berikutnya Lapas Klas II B Pasirpengarayan 288 orang, dan Rutan Klas II B Dumai 237, Rutan Klas II B Rengat 191, Cabang Rutan Bagansiapiapi 127, Rutan Klas II B Pekanbaru 114.

Berikutnya Rutan Teluk Kuantan 96 orang, Lapas Klas II A Pekanbaru Perempuan 92 orang, Cabang Rutan Selatpanjang 87 orang, Rutan Klas II B Siak 16, Rutan Klas III Rumbai 13, Lembaga Pembinaan Khusus Anak 10 orang. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved