Berita Riau

Tiga Ekor Gajah Liar Masuki Pemukiman Warga di Peranap Inhu Riau, Sudah Berkeliaran Selama 4 Hari

gajah liar tersebut sudah terpantau memasuki areal perkebunan dan dekat pemukiman warga semenjak empat hari. Gajah-gajah liar itu memakan tanaman

Tiga Ekor Gajah Liar Masuki Pemukiman Warga di Peranap Inhu Riau, Sudah Berkeliaran Selama 4 Hari
Tribun Pekanbaru/Istimewa/BBKSDA Riau
11 Ekor Gajah Liar Masuk Kebun Warga Jelang Lebaran 2019, Petugas BBKSDA Riau Halau Gunakan Petasan 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Warga Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dibuat panik karena tiga ekor gajah sumatera yang memasuki areal perkebunan sampai dekat perumahan milik warga.

Informasi yang diterima dari Kepolisian, gajah liar tersebut sudah terpantau memasuki areal perkebunan dan dekat pemukiman warga semenjak empat hari lalu, atau tepatnya tanggal 5 Juni 2019.

"Gajah liar berjumlah sekitar tiga ekor sudah berada di perkebunan masyarakat bahkan sudah sampai ke belakang perumahan masyarakat sejak tanggal 05 Mei 2019," kata Kapolres Inhu, AKBP Dasmin Ginting melalui Ps Paur Humas Polres Inhu, Aipda Misran akhir pekan lalu.

Baca: 11 Ekor Gajah Liar Masuk Kebun Warga Jelang Lebaran 2019, Petugas BBKSDA Riau Halau Gunakan Petasan

Baca: Dua Gajah Liar Masuk Pemukiman, Tim BKSDA Rengat Turunkan Tim Giring Kembali ke Jalurnya

Baca: Gajah Liar yang Masuk Perkebunan di Rumbai Bakal Digiring ke Tahura

Misran menjelaskan tiga ekor gajah sumatera tersebut diketahui sudah melintasi sejumlah wilayah di Peranap, diantaranya Desa Baturijal Barat, Desa Baturijal Hulu, Kelurahan Baturijal Hilir, hingga ke Kelurahan Peranap, Kecamatan Peranap. Gajah-gajah liar tersebut diketahui memakan tanaman kelapa sawit, karet dan tanaman pisang milik masyarakat.

Hingga saat ini belum dapat diperkirakan berapa hektar tanaman warga yang rusak.

Tiga ekor gajah liar memasuki wilayah permukiman warga di Kecamatan Peranap, Kabupaten Inhu.
Tiga ekor gajah liar memasuki wilayah permukiman warga di Kecamatan Peranap, Kabupaten Inhu. (Tribun Pekanbaru)

Meski begitu belum ada laporan terkait warga yang menjadi korban penyerangan gajah liar tersebut. Masyarakat juga terus melakukan pengusiran gajah tersebut dengan menggunakan petasan, mercun dan suara-suara keras lainnya. "Situasi di lapangan sampai saat ini masyarakat masih tetap berjaga," ujar Misran. 

11 Ekor Gajah Ekor Gajah Liar Masuk Pemukiman Warga Jelang Lebaran

Sebelumnya, Sebanyak 11 ekor gajah liar masuk kebun warga jelang Lebaran 2019 dan merusak pohon kelapa sawit, Petugas BBKSDA Riau galau gunakan petasan.

Gajah liar ini bebas masuk ke perkebunan kelapa sawit warga karena pemilik dan penjaga kebun banyak yang mudik ke kampung halaman karena libu hari raya Idul Fitri atau Lebaran 2019.

Namun, petugas dari Balai Besar KSDA Riau tetap melakukan penjagaan dan pemantauan terhadap gajah liar ini selama Lebaran 2019.

Halaman
12
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved