Indragiri Hulu

Tambah Satu Zona, Tahun Ini Pacu Sampan di Inhu Riau Digelar di Empat Zona

Wakil Bupati Khairizal menyampaikan penambahan satu zona baru pada festival pacu sampan di Inhu tahun 2019 ini.

Tambah Satu Zona, Tahun Ini Pacu Sampan di Inhu Riau Digelar di Empat Zona
istimewa
Wakil Bupati Inhu Khairizal menyerahkan dayung kepada peserta sebagai tanda dimulainya perlombaan pacu jalur pada festival pacu sampan di Desa Pasir Sialang Jaya, Senin (10/6/2019). 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT- Perlombaan pacu sampan besar atau yang disebut jalur di Tepian Sialang Lotung, Desa Pasir Sialang Jaya, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) resmi dibuka oleh Wakil Bupati Inhu Khairizal, Senin (10/6/2019).

Pada kesempatan itu Khairizal menyampaikan penambahan satu zona baru pada festival pacu sampan.

"Kita melihat antusiasme masyarakat terhadap pacu sampan tradisional ini cukup ramai, kita berharap setiap tahun bisa kita laksanakan, bahkan selama ini hanya tiga zona nanti ada empat zona," kata Khairizal.

Empat zona tersebut dibagi menjadi empat kecamatan, yakni Kecamatan Batang Peranap, Lirik, Rengat Barat dan berakhir di Kecamatan Rengat. Penambahan zona itu mulai dilaksanakan pada tahun 2019 ini.

Penambahan zona ini dilakukan guna menjaring atlet-atlet pacu jalur yang akan diberangkatkan pada event internasional di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) setiap tahunnya.

Ia menyebutkan juara-juara di tiga zona sebelumnya bisa bertanding pada final di Kecamatan Rengat. "Kita harapkan ada peningkatan prestasi," kata Khairizal.

Khairizal juga menyebutkan pacu sampan sebagai sarana peningkatan perekonomian masyarakat.

Pasalnya melalui festival pacu sampan yang setiap tahun diadakan, geliat ekonomi masyarakat sangat terasa.

"Melalui event ini ekonomi masyarakat semakin bergeliat," katanya.

Khairizal juga berharap peserta lomba pada festival pacu sampan di Kabupaten Inhu semakin ramai. Ia tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada panitia kecamatan dan panitia desa yang telah mensukseskan acara tersebut. (Tribunpekanbaru.com/bynton simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved