Trump Ancam Tarif Baru ke China Jika Xi Jinping Tak Hadiri KTT G-20 di Jepang

Presiden AS, Donald Trump, mengancam akan mengenakan tarif baru yang lebih mahal untuk seluruh produk hina yang masuk AS.

Trump Ancam Tarif Baru ke China Jika Xi Jinping Tak Hadiri KTT G-20 di Jepang
Instagram Donald Trump
Presiden AS, Donald Trump, mengancam akan mengenakan tarif baru yang lebih tinggi untuk produk China, bila presiden Xi Jinping tak datang ke KTT G20 di Jepang akhir bulan ini. 

tribunpekanbaru.com - Perang dagang antara Amerika Serikat dengan China kian panas. Ini setelah Presiden AS, Donald Trump, melontarkan ancaman pengenaan tarif tambahan atas barang-barang buatan China, jika Presiden China, Xi Jinping, tak menghadiri pertemuan G20 akhir Juni ini.

"Ya, (tarif baru pada barang China) itu akan terjadi," kata Trump dalam wawancara telepon yang dikutip CNBC, Selasa (11/6).

Trump sebelumnya mengancam akan mengenakan pungutan lagi atas barang produksi China senilai US$300 miliar, jika perjanjian perdagangan tidak segera tercapai. Nilai itu lebih tinggi dari ancaman tarif bulan lalu sebesar US$200 miliar.

Trump dijadwalkan bertemu dengan Xi di KTT G20 yang dijadwalkan dilaksanakan pada 28-29 Juni 2019 di Osaka, Jepang. Para pemimpin dari 19 negara dan Uni Eropa juga diharapkan hadir.

Namun begitu, Trump mengatakan akan terkejut jika Xi tidak hadir. Padahal, lanjutnya, dia dan Xi memiliki hubungan yang hebat, dan Trump sudah memuji Xi sebagai pria yang luar biasa.

Sebelumnya Trump mengatakan, perang dagang antara AS dan China terus berlanjut, dan pemerintahnya akan terus menaikkan tarif barang-barang asal China yang masuk ke Amerika Serikat.

Dia mengatakan, pemerintahannya saat ini mengenakan pajak 35 persen hingga 40 persen dari barang impor AS. Jika kesepakatan tidak tercapai, ada 60 persen barang lainnya yang juga akan dikenakan pajak tinggi. (vva)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved