Rokan Hulu

JCH Rohul Tergabung di Kloter 18, Kemenag Gelar Manasik Haji 8 Kali Tingkat Kecamatan

Kasi Penyelenggara Haji, Martillevi Saleh mengungkapkan, persiapan keberangkatan JCH tahun 1440 H sudah sampai pada persiapan manasik haji kecamatan.

JCH Rohul Tergabung di Kloter 18, Kemenag Gelar Manasik Haji 8 Kali Tingkat Kecamatan
TRIBUNPEKANBARU/DONNY KUSUMA PUTRA
Kasi Penyelenggara Haji Kemenag Rohul, Martillevi Saleh 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Panitia Penyelenggara Haji Tahun 1440 H, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), terus mematangkan persiapan keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) tahun ini.

Kepala Kantor Kemenag Rohul melalui Kasi Penyelenggara Haji, Martillevi Saleh mengungkapkan, persiapan keberangkatan JCH tahun 1440 H sudah sampai pada persiapan manasik haji tingkat kecamatan.

"Pelaksanaan manasik haji akan dilaksanakan 8 kali di tingkat kecamatan dan 2 kali tingkat kabupaten," katanya, Rabu (12/6/2019).

Manasik haji tingkat kecamatan akan dilaksanakan mulai 18 Juni 2019. Sedangkan tingkat kabupaten direncanakan pada 1 Juli- 3 Juli 2019.

Delapan kali pertemuan akan dilaksanakan di Kecamatan Rambah, Ujung Batu, Kunto Darussalam.

Untuk Kecamatan Bangun Purba dan Rambah Samo manasik digabung.

Selanjutnya, tambah Martilevi, Kecamatan Tambusai akan bergabung dengan Tambusai Utara. Begitu juga kecamatan Rambah Hilir, Kepenuhan dan Kepenuhan Hulu akan bergabung.

"Kecamatan Tandun bergabung dengan Pagaran Tapah. Terakhir Pendalian IV Koto dan Rokan IV Koto serta Kabun juga akan bergabung," jelasnya.

Martilevi menambahkan, untuk manasik tingkat kabupaten yang direncanakan akan dilaksanakan pada 1 Juli-3 Juli 2019, akan dipusatkan di Masjid Agung Islamic Center.

Tidak hanya mempersiapkan manasik haji, Panitia Penyelenggara Haji Rohul juga sedang mengurus proses keberangkatan JCH melalui Embarkasi Antara Pekanbaru, yang tahun ini diuji coba pemakaiannya. JCH Rohul tergabung dalam Kloter 18.

Martillevi menuturkan, ke 449 JCH asal Rohul tahun ini sudah dipastikan berangkat dengan Kloter 18 pada 23 Juli 2019.

"Tahun ini, Embarkasi Antara Pekanbaru sudah diujicoba pemakaiannya. Sehingga schedule keberangkatan sedikit berbeda dari tahun lalu," imbuhnya.

Bila sebelumnya JCH Rohul Berangkat dari Pasirpangaraian menuju Pekanbaru kemudian menginap di hotel. Maka tahun ini, menginap di Embarkasi Antara.

Nantinya, seluruh pelayanan yang biasanya didapat di Embarkasi Batam akan diberikan di Embarkasi Antara Pekanbaru. Sehingga penerbangan dari Embarkasi Antara Pekanbaru ke Bandara Hang Nadim Batam hanya untuk pindah pesawat tanpa menginap di Batam, langsung berangkat ke Jeddah.

"Kita mengharapkan JCH mempersiapkan diri dengan serius, baik fisik dan mental sehingga menjadi haji yang mabrur. Ikuti segala arahan yang kita berikan agar lancar proses hajinya," imbau Martilevi. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved