Minta Warga Karo Patuhi Imbauan Pemerintah, BPBD: Sayangilah Nyawa Anda

BPBD Karos sudah mengizinkan warga kembali ke rumah dari pengungsian, setelah Gunung Sinabung kembali erupsi pada Minggu (9/6) lalu.

Minta Warga Karo Patuhi Imbauan Pemerintah, BPBD: Sayangilah Nyawa Anda
Tribun Medan/Muhammad Nasrul
Gunung Sinabung kembali erupsi. BPBD sudah mengizinkan warga kembali ke rumah masing-masing dari pengungsian. 

tribunpekanbaru.com - Kepala BPBD Tana Karo, Martin Sitepu, menyatakan status Gunung Sinabung masih siaga. Namun masyarakat dari lima desa yakni Desa Tiga Pancur, Jeraya, Pintu Besi, Kuta Tengah, dan Kuta Guguh, sudah diizinkan pulang ke rumah masing-masing setelah mengungsi beberapa hari.

"Sekarang statusnya masih siaga. Naik turun status itu hal yang biasa. Masyarakat sudah dibolehkan pulang asalkan tidak masuk ke zona terlarang," kata Martin, Rabu (12/6).

Martin menyebut, dari lima desa tersebut, masyarakat yang sudah kembali ke rumah berjumlah sekitar 1.070 kepala keluarga.

Pihak BPBD, menurut Martin, sedang berupaya mencarikan dana untuk memperbaiki fasilitas umum yang rusak akibat muntahan abu vulkanik hasil erupsi Gunung Sinabung, yang terjadi pada Minggu (9/6) lalu.

Batas zona merah hingga saat ini adalah di luar radius 5 kilometer. Sudah turun dari awal yakni 7 kilometer. Demi keselamatan, BPBD mengimbau agar warga tidak mendekati zona merah.

Secara keseluruhan, peristiwa erupsi Gunung Sinabung yang terjadi akhir pekan lalu, menurut Martin masih dalam keadaan normal. Masyarakat tidak perlu terlalu khawatir untuk kembali ke rumah masing-masing. Namun tetap harus waspada dan mematuhi informasi dari pemerintah seperti BPBD dan PVMBG.

"Masyarakat diharapkan untuk selalu mengindahkan imbauan dari kami. Sayangi lah nyawa Anda," ucap Martin. (rol)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved