Pekanbaru

Genangan Air Sempat di Atas 50 Cm BPBD Siapkan Perahu Karet, Banjir di Pekanbaru Sudah Mulai Surut

BPBD Kota Pekanbaru mengantisipasi banjir dengan menyiagakan satu unit perahu karet. Mereka menyiagakannya di kawasan Sungai Batak.

Genangan Air Sempat di Atas 50 Cm BPBD Siapkan Perahu Karet, Banjir di Pekanbaru Sudah Mulai Surut
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Banjir menggenangi Jalan Harmonis, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Rabu (12/6/2019) akibat hujan yang mengguyur semalaman. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Banjir di kawasan Jalan Cipta Karya Ujung, Kota Pekanbaru, Kamis (13/6/2019) mulai surut. Warga pun mulai berbenah pasca banjir melanda kawasan itu sejak, Selasa (11/6/2019) malam.

Tim dari BPBD Kota Pekanbaru sudah memantau lokasi pasca banjir melanda sejumlah wilayah. Ada wilayah yang sempat digenangi banjir setinggi lebih dari setengah meter.

"Kondisi sudah aman, tapi kami tetap siaga," jelas Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Burhan Gurning kepada Tribunpekanbaru.com, Burhan Gurning kepada Tribun, Kamis.

Menurutnya, tim dari BPBD Kota Pekanbaru mengantisipasi banjir dengan menyiagakan satu unit perahu karet. Mereka menyiagakannya di kawasan Sungai Batak. Tim mengantisipasi meluapnya air sungai.

Baca: Wali Kota Pekanbaru Sebut Tak Bisa Sendiri Atasi Banjir, Harus Libatkan 3 Daerah Lain & Provinsi

Baca: Hujan Lebar Bikin Banjir, Warga Pilih Bertahan di Rumah

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengaku sudah kordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Riau terkait banjir di Perbatasan Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar. Bahkan tim sudah meninjau lokasi di aliran Sungai Bintungan.

Titik lainnya yang bakal dinormalisasi untuk mencegah banjir. Satu titik yakni di aliran Sungai Air Hitam. Pemerintah Provinsi Riau siap mendukung alat berat dalam penanganan banjir tersebut.

Selain itu, dinas juga melakukan pengerukan drainase seperti di Jalan HR Soebrantas. Ia juga mengimbau pemilik ruko yang menutupi drainase bisa membongkar penutup tersebut.

Baca: Direndam Banjir, Warga Kelurahan Sialang Munggu Pekanbaru Mengungsi ke Gedung Pertemuan

Baca: Tim Dinkes Pekanbaru Turun ke Lokasi Banjir, Belum Ada Warga Terkena Gangguan Kesehatan

"Kalau bisa kita bersihkan menyeluruh, agar air bisa mengalir dengan baik," terangnya. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved