Pelalawan

Komisi I DPRD Pelalawan Riau Minta Disdik Antisipasi Gejolak PPDB 2019

Persoalan yang paling sering menonjol yakni kurangnya data tampung di sekolah-sekolah negeri, hingga calon siswa tidak bisa diterima sepenuhnya

Komisi I DPRD Pelalawan Riau Minta Disdik Antisipasi Gejolak PPDB 2019
Kompas.com
Pemerintah menerbitkan aturan baru untuk penerimaan siswa atau PPDB 2019. 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau mengingatkan Dinas Pendidkan (Disdik) untuk bersiap menghadapi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 yang tinggal satu bulan lagi.

Setiap tahun PPDB selalu menimbulkan gejolak pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertam (SMP).

Persoalan yang paling sering menonjol yakni kurangnya data tampung di sekolah-sekolah negeri, hingga calon siswa tidak bisa diterima sepenuhnya. Alhasil banyak warga yang kebingungan untuk memasukan anaknya ke sekolah negeri, lantaran kapasitas terbatas.

"Kekurangan daya tampung sering terjadi di Kecamatan Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Kuras. Ini harus diantisipasi mulai sekarang," ungka Ketua Komisi I DPRD Pelalawan, Eka Putra S.Sos, kepada Tribunpelalawan.com, Kamis (13/6/2019).

Baca: Selamatkan 10 Ribu Penduduk, Pengungkapan Sabu 2 Kg Merupakan Terbesar di Polres Pelalawan Riau

Baca: Pemilik Sabu 2 Kg yang Ditangkap Polres Pelalawan Riau Mengaku Dapat Upah Rp 20 Juta

Eka Putra menjelaskan, dewan sudah sering memberikan peringatan serta mengimbau Disdik untuk mencari solusi atas polemik yang setiap tahun terjadi.

Pihaknya berharap Disdik beserta pihak sekolah bisa belajar dari pengalaman dan meminimalisir masalah yang timbul dalam PPDB.

Saat ini, lanjut politisi Golkar Pelalawan ini, ada sistem zonasi yang mengatur proses penerimaan siswa di sekolah negeri. Sistem tersebut telah memiliki aturan yang jelas dari kementerian untuk bisa diterapkan di daerah, termasuk Pelalawan.

"Sekarang tinggal bagaimana Disdik menerjemahkan dan mengaplikasikan sistem ini. Untuk meminimalisir persolan yang tim kedepan," tandasnya.

Baca: Bupati Harris Pastikan Golkar Usung Calon Sendiri pada Pilkada Pelalawan Riau 2020 Mendatang

Baca: VIDEO Takut Gaji Dipotong, Bupati Pelalawan Sebut Kehadiran ASN 99,3 Persen di Hari Pertama Kerja

Komisi I berencana akan memanggil Disdik untuk rapat kerja dalam membahas persiapan PPDB tahun 2019 ini, mengingat waktunya tinggal sedikit. (Tribunpelalawan.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved